Studi Kelayakan Bisnis
Studi Kelayakan Bisnis

Studi Kelayakan Bisnis Adalah: Aspek, Tahapan dan Contohnya

Alobisnis.com – Studi kelayakan bisnis adalah study untuk menghitung kelaikan satu project usaha. Apa Sahabat OCBC telah memikirkan bagaimana nanti saat akan buka sebuah usaha? Nach, ada banyak hal yang pantas Anda kenali saat sebelum mengawalinya, satu diantaranya yaitu study kelaikan usaha. Study kelaikan usaha ialah study yang sudah dilakukan untuk menghitung kelaikan satu kesempatan usaha.

Study kelaikan usaha fokus mengenali kekuatan permasalahan dalam usaha, supaya usaha yang hendak digerakkan bisa tahan lama dan jauh dari sebuah rugi. Study ini bukan hanya mengenali kekuatan permasalahan, tetapi jalan keluar dari permasalahan itu. Baca artikel berikut ini untuk ketahui selanjutnya tentang apakah itu study kelaikan usaha.

Apa itu Studi Kelayakan Bisnis

Pemahaman study kelaikan usaha ialah aktivitas mengulas kelaikan satu usaha. Penetapan study kelaikan usaha perlu dikerjakan saat sebelum menulis gagasan usaha.

Konsentrasi study kelaikan usaha ialah analisis kekuatan permasalahan krisis seperti bagaimana dan di mana usaha akan digerakkan. Ketahui jika gagasan usaha dan study kelaikan usaha ialah dua hal yang lain dan tidak dapat sama-sama gantikan.

Tujuan studi kelayakan bisnis

Ada 5 manfaat dan tujuan studi kelayakan bisnis, yaitu sebagai berikut.

1. Memudahkan perencanaan bisnis

Arah study kelaikan usaha untuk mempermudah rencana usaha. Pebisnis akan memperoleh info yang terkait dengan usaha yang hendak dirintis saat menganalisis kelaikan usaha. Info mengenai kekurangan dan kelebihan usaha pasti benar-benar diperlukan.

2. Memperlancar pelaksanaan bisnis

Karena ada analitis kelaikan usaha, penerapan usaha bisa digerakkan lebih gampang. Pebisnis bisa memandang dan menilai program dan peraturan yang mana efisien diaplikasikan. Dengan begitu, penerapan usaha yang fokus pada keuntungan dapat diwujudkan.

3. Memperkecil risiko kerugian

Salah satunya faedah study kelaikan usaha ialah mengecilkan resiko rugi. Karena ada analitis kelaikan usaha, resiko rugi yang dapat dan tidak dapat dikontrol bisa dijumpai. Hingga, pebisnis dapat mempersiapkan diri untuk melawannya.

4. Memudahkan proses pengawasan

Hasil laporan study kelaikan berisi analisis kelaikan usaha dari beragam faktor. Aspek itu bisa dipakai untuk lakukan pemantauan intern. Laporan itu dapat menjadi dasar untuk faksi berkuasa saat lakukan pemantauan external.

5. Memudahkan proses pengendalian

Saat memulai usaha, Anda harus siap hadapi beragam keadaan, terhitung saat dijumpai permasalahan dan penyelewengan. Peranan hasil laporan study kelaikan usaha sebagai dasar untuk tentukan faktor yang mengakibatkan permasalahan. Pebisnis pasti bisa ambil langkah pas bila sudah mendapati pokok permasalahannya.

Aspek studi kelayakan bisnis

Adapun faktor study kelaikan usaha terbagi dalam 5 factor yakni ekonomi budaya, pasar dan marketing, management, keuangan, dan validitas hukum.

1. Aspek ekonomi dan budaya

Dalam faktor ekonomi dan budaya, konsentrasi study kelaikan usaha ialah analisis imbas pendirian perusahaan pada lingkungan sekelilingnya. Dengan dibangunnya sebuah perusahaan pada sebuah lingkungan, apa memengaruhi tradisi istiadat wilayah itu atau mungkin tidak.

2. Aspek pasar dan pemasaran

Faktor pasar dan marketing akan menjawab apa produk akan mempunyai kesempatan atau mungkin tidak. Adapun beberapa hal yang perlu jadi perhatian dalam faktor ini yakni kekuatan pasar, besaran customer, daya membeli warga, segmentasi pasar, keadaan kompetisi usaha, dan sebagainya.

3. Aspek manajemen

Analisis study kelaikan pada faktor management sebagai faktor dasar yang perlu ditelaah. Karena, bagaimana operasional perusahaan dimulai dari pembangunan sampai peningkatan ditelaah dalam faktor ini. Bahkan juga, faktor management meliputi management sumber daya sampai keuangan perusahaan.

4. Aspek keuangan

Bicara mengenai usaha, pasti tidak lepas dari modal. Hingga, faktor keuangan dalam study kelaikan usaha menjadi satu diantara pemasti nasib usaha Anda di periode saat ini dan kedepan. Diperlukan kecermatan pada proses penganggaran supaya gagasan usaha masak.

5. Aspek legalitas atau hukum

Faktor paling akhir dalam study kelaikan usaha ialah validitas atau hukum. Adapun point validitas yang dikaji yakni ijin lokasi, pertanda registrasi perusahaan, NPWP, akte pendirian perusahaan dari notaris, surat ijin usaha perdagangan (SIUP), dan lain-lain.

Tahapan studi kelayakan bisnis

Tahapan studi kelayakan bisnis adalah langkah dalam analisa bisnis itu sendiri. Simak tahapannya berikut ini:

1. Penemuan ide

Meniti usaha dapat diawali dari gagasan awalan yang mungkin prediksi kasar. Penemuan gagasan dapat datang dari permasalahan yang berada di warga lalu Anda membentuk bisnis sebagai jalan keluar untuk permasalahan itu.

2. Penelitian

Sesudah mendapati gagasan usaha, kerjakan riset mengenai usaha itu. Factor yang penting ditelaah yakni bagaimana operasional usaha, apa kelebihannya, kendala apa yang kemungkinan ada, sampai siapa kompetitornya.

3. Evaluasi

Sesudah mendapati kendala yang kemungkinan ada, selekasnya kerjakan penilaian atau penilaian. Yakinkan apa keunggulan usaha Anda dapat menangani kekuatan kendala itu atau mungkin tidak.

4. Penentuan

Anda sudah menilai apa keunggulan usaha Anda sanggup untuk menangani kendala atau mungkin tidak. Hasil ini jadi dasar penetapan apa usaha itu telah pantas digerakkan. Bila iya, Anda dapat mewujudkannya. Bila tidak, kemungkinan Anda bisa cari kesempatan usaha yang lain.

5. Rencana pelaksanaan

Bila hasil penetapan study kelaikan usaha ialah meneruskan aktualisasinya, karena itu cara seterusnya yakni gagasan penerapan. Hasil analisis study kelaikan dapat digunakan sebagai dasar dalam membangun usaha Anda.

6. Pelaksanaan

Sesudah lakukan rencana, sekarang waktunya Anda mengawali gagasan itu. Kerjakan penilaian secara periodik untuk ketahui gagasan yang mana berjalan baik dan tidak.

Contoh Studi Kelayakan Bisnis

Berikut contoh studi kelayakan bisnis yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Contoh studi kelayakan bisnis minuman kekinian

Minuman modern sedang jadi trend dalam masyarakat dengan tipe yang berbagai macam. Bila Anda punya niat membentuk bisnis di bagian ini, yakinkan sasaran dan taktik pasar telah sama sesuai ingat kompetisi usahanya termasuk besar.

2. Contoh studi kelayakan bisnis properti

Property sebagai keperluan primer hingga rintangannya juga berlainan dari usaha di bagian lain. Ada beberapa hal yang perlu jadi perhatian saat mengawali usaha ini. Beberapa salah satunya yakni lokasi, harga property, sasaran pasar, dan status tanah yang hendak dipakai untuk membuat property.

3. Contoh studi kelayakan bisnis pakaian

Dalam sektor baju atau apparel, study kelaikan usaha ialah hal yang terkait dengan sasaran customer dan tipe material baju. Dalami material baju yang dipasarkan agar customer bisa pahami keterangan Anda dan berminat untuk beli.

Tersebut keterangan berkenaan apakah itu study kelaikan usaha. Yakinkan Anda mengaplikasikan faktor keuangan dalam study kelaikan usaha supaya terbentuk management keuangan yang bagus. (SPN)

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

direktur kartu prakerja hengki sihombinghengki sihombing direktur kartu prakerjahengki sihombingusaha ilegal studi kelayakanbisnis

Tinggalkan Balasan