Pencarian Data Melalui Pengamatan Dan Wawancara Dilakukan Kepada Pasar Sasaran Yang Dituju Untuk Mengetahui

Pencarian Data Melalui Pengamatan Dan Wawancara Dilakukan Kepada Pasar Sasaran Yang Dituju Untuk Mengetahui Apa?

Alobisnis.com – Di artikel ini kami jelaskan tentang pencarian data melalui pengamatan dan wawancara dilakukan kepada pasar sasaran yang dituju untuk mengetahui apa? Mari kita simak penjelasanya di bawah ini.

Pencarian Data Melalui Pengamatan dan Wawancara

Pengumpulan Data Lewat Pengamatan

Pengamatan atau penilaian sebagai satu tehnik atau langkah kumpulkan data dengan lakukan penilaian pada aktivitas yang berjalan. Ada banyak hal yang perlu jadi perhatian dalam melakukan pengamatan, salah satunya :

  • • Memerhatikan konsentrasi riset, aktivitas apa yang perlu dilihat, baik yang biasa atau yang khusus. Aktivitas yang biasa tujuannya yakni segala hal yang terjadi dalam kelas harus dilihat dan ditanggapi dan dicatat dalam catatan lapangan. Dan pengamatan aktivitas khusus, tujuannya adalah pengamatan itu cuma memusatkan pada aktivitas khusus yang terjadi dalam kelas, seperti aktivitas tertentu atau praktek evaluasi tertentu.
  • Tentukan persyaratan yang dilihat, dengan lebih dulu membahas ukuran- ukuran apa yang dipakai dalam penilaian.

Beberapa langkah Pengamatan

Dalam melakukan pengamatan ada banyak cara/ babak khusus yang perlu dilakukan, diantaranya :

a) Tatap muka Rencana

Dalam membuat gagasan pengamatan perlu diselenggarakan tatap muka bersama untuk tentukan posisi aktivitas pengamatan dan menyamai pemahaman antaraobserver (pemerhati) dan observee (yang dilihat) berkenaan konsentrasi persoalan yang hendak dilihat.

b) Pengamatan Kelas

Dalam babak ini, observer memperhatikan proses evaluasi dan kumpulkan data berkenaan segala hal yang terjadi di proses evaluasi itu, baik yang terjadi pada pelajar atau keadaan dalam kelas.

c) Dialog Balikan

Pada babak ini, guru sebagai periset bersama dengan pemerhati pelajari data hasil pengamatan untuk jadi catatan lapangan dan membahas beberapa langkah seterusnya. Aktivitas ini harus dikerjakan pada kondisi sama-sama memberikan dukungan (kualitasally supportive) dan didasari pada info yang didapat sepanjang pengamatan.

Penghimpunan Data Lewat Wawancara

Tehnik penghimpunan data yang ke-2 ialah lewat pertanyaan. Guru sebagai periset bisa ajukan pertanyaan ke pelajar, orangtua, atau guru yang lain. Penghimpunan data lewat pertanyaan ini bisa dilaksanakan dengan memakai
tehnik interviu atau angket.

a) Interviu, yang diartikan dengan interviu ialah pembicaraan yang sudah dilakukan oleh pewawancara untuk mendapat iinformasi dari terwawancara, pembicara atau responden. Ada banyak tipe atau wujud interviu, salah satunya :

  • Interviu terancang ialah interviu yang sudah dilakukan dengan lebih dulu mempersiapkan bahan interviu/pertanyaan.
  • Interviu semi terancang ialah wujud interviu yang telah dipersiapkan lebih dulu, tapi memberi kelonggaran tidak untuk langsung terpusat ke ulasan atau ajukan topik ulasan sendiri sepanjang interviu itu berjalan.
  • Interviu tidak terancang adalah wujud interviu di mana prakarsauntuk pilih topik ulasan diambil oleh orangyang diinterviu. Jika interviu telah berjalan, pewawancara bisa arahkan supaya responden bisa menjelaskan, mengembangkan, atau mengonfirmasi jawaban yang kurang terang.
  • Interviu tidak resmi yakni tipe pembicaraan bebas yang memungkinkannya interviuer untuk bertanya beberapa hal yang terkait dengan permasalahan yang hendak ditelaahnya.
  • Interviu resmi berstruktur yakni tipe interviu yang dalam realisasinya memakai pola interviu yang terancang, jadi guru bisa bertanya pertanyaan yang serupa ke informan.

b) Angket atau quesioner sebagai satu tehnik penghimpunan data otomatis (periset tidak langsung menanyakan jawab dengan informan). Instrumen pengumpul datanya disebutkan dengan angket yang berisi beberapa pertanyaan
atau pengakuan tercatat yang perlu dijawab atau ditanggapi oleh informan.

Jadi, Pencarian Data Melalui Pengamatan Dan Wawancara Dilakukan Kepada Pasar Sasaran Yang Dituju Untuk Mengetahui Apa?

Jawabannya adalah untuk mengetahui selera dan daya beli

Nah, itu tadi penjelasan mengenai pencarian data melalui pengamatan dan wawancara dilakukan kepada pasar sasaran yang dituju untuk mengetahui apa yang perlu diketahui para pembaca. Semoga bermanfaat. (SPN)

Tinggalkan Balasan