Proses Perancangan Produk Diawali Dengan
Tahapan Proses Perancangan Suatu Produk

Proses Perancangan Produk Diawali Dengan Tahapan Apa?

Alobisnis.com – Tahukah Anda bahwasanya proses perancangan produk diawali dengan langkah apa? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Proses perancangan produk sebagai langkah untuk hasilkan beberapa barang dari satu industri. Beberapa produk yang kita pakai dan jumpai tiap hari, tentu saja dibikin lewat perancangan produk.

Proses ini membutuhkan pengaturan ide yang masak. Baik memakai produk baru atau lama yang diubah untuk penuhi keperluan pasar.

Salah satunya arah proses dari perancangan produk ialah hasilkan barang yang sesuai keperluan manusia. Perancangannya fokus ke keperluan dan tekad konsumen setia.

Keperluan konsumen setia diolah lewat gambar computer dan analitis tehnik. Seterusnya, perancangan bisa ditata sama sesuai waktu untuk konsumsi dan memasarkannya.

Perancangan produk sudah terhitung dalam tiap faktor tehnik produk. Dimulai dari transisi atau penggantian elemen dalam pembikinan, perakitan, penuntasan (finising) sampai operasi biasa.

Tahapan Proses Perancangan Produk

Proses membuat satu produk terbagi dalam rangkaian aktivitas yang berurut. Diambil dari jurnal dengan judul Re-Desain Alat Pemasang Capit Sandal dengan Pendekatan Antropometri untuk Turunkan Kecapekan dan Masalah Otot Dan Kenaikan Keproduktifan kreasi Sigit Suhermanto, Ginting (2015) mengatakan perancangan terbagi dalam fase-fase berikut ini:

Tahap Pra-Perancangan Produk:

  1. Penentuan asumsi perancangan
  2. Tujuan produk mencakup:
    • Analitis kelaikan produk
    • Rincian aktivitas perancangan produk
    • Jaringan kerja perancangan produk
    • Perhitungan waktu dan mundur waktu aktivitas
    • Penetapan lajur krisis
    • Perhitungan waktu penuntasan project

Tahap Perancangan Produk:

a. Babak info

Babak ini mempunyai tujuan untuk pahami semua faktor yang terkait lewat produk. Terhitung produk yang akan diperkembangkan. Triknya dengan kumpulkan beberapa informasi yang diperlukan secara tepat.

b. Babak inovatif

Babak ini mempunyai tujuan untuk tampilkan alternative yang bisa penuhi peranan keperluan.

c. Babak analitis

Babak ini mempunyai tujuan untuk menganalisa alternative-alternatif yang dibuat pada babak inovatif dan memberi referensi pada alternative terbaik.

d. Babak peningkatan

Babak ini mempunyai tujuan pilih salah satunya alternative tunggal dari beberapa alternative yang ada. Atau sebagai alternative terbaik dan sebagai keluaran (output) dari babak analitis.

e. Babak presentasi

Babak ini mempunyai tujuan untuk mengkomunikasikan dengan baik dan menarik hasil peningkatan produk yang diharapkan. Maksudnya untuk penuhi keperluan pasar atau didasari oleh dorongan pengembangan tehnologi.

Jadi, Proses Perancangan Produk Diawali Dengan Tahapan Apa?

Jawabannya sudah dijelaskan di atas yaitu penentuan asumsi perancangan di tahapan pra-perancangan. Semoga jawaban ini bermanfaat kepada para pembaca setia kami. (ADM)

Tinggalkan Balasan