Total Biaya Yang Dikeluarkan Untuk Proses Produksi Disebut

Total Biaya Yang Dikeluarkan Untuk Proses Produksi Disebut Apa?

Alobisnis.com – Tahukah Anda total biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi disebut dengan apa? Mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

Apa Itu Biaya Produksi Atau Ongkos Produksi ?

Biaya produksi ialah ongkos yang perlu dikeluarkan perusahaan untuk produksi barang atau jasa (apakah yang dimaksud dengan ongkos produksi?). Penghitungan ongkos produksi ini dilaksanakan dari sejak awalnya pemrosesan bahan baku, sampai barang jadi atau 1/2 selesai.

Dalam penghitungan ongkos produksi termasuk kompleks, karena ada banyak elemen pengeluaran yang perlu dihitung. Keseluruhan ongkos yang dikeluarkan untuk proses produksi disebutkan ongkos produksi.

Diambil dari E-book Ongkos Produksi cerita Christina Kustindarti dari Kampus Katolik Widya Mandala, ongkos produksi ialah semua pengeluaran yang sudah dilakukan oleh perusahaan untuk membuat beberapa barang yang dibuat perusahaan itu.

Pembagian Biaya Produksi

Ada dua pembagian ongkos produksi yaitu:

  1. Ongkos ekplisit yaitu semua ongkos yang dikeluarkan untuk memperoleh beberapa faktor produksi.
  2. Ongkos implisit yaitu taksiran pengeluaran pada beberapa faktor produksi yang dipunyai perusahaan.

Tidak seluruhnya pengeluaran perusahaan bisa disebutkan ongkos produksi. Ini karena pengeluaran yang dapat disebutkan ongkos produksi sebaiknya terkait langsung dengan penghasilan perusahaan. Tipe ongkos produksi Pada umumnya ada 3 tipe ongkos produksi dalam pendataan akuntansi perusahaan.

Jenis Biaya Produksi

1. Ongkos bahan baku

Ongkos bahan baku atau direct material ongkos produksi ialah ongkos yang dikeluarkan perusahaan untuk beli dan memproses bahan baku sampai jadi barang selesai. Sebagai contoh perusahaan garmen. Perusahaan keluarkan dana untuk pembelian bahan baku berbentuk kain untuk selanjutnya dibuat jadi barang selesai. Semua ongkos tersebut yang dikatakan sebagai ongkos bahan baku.

2. Ongkos tenaga kerja

Ongkos tenaga kerja ialah ongkos yang dikeluarkan perusahaan untuk bayar gaji tenaga kerja. Ongkos ini biasa disebutkan direct labour. Akan tetapi, direct labour dari ongkos produksi ialah cuma hitung tenaga kerja yang terkait langsung dengan proses produksi.

3. Ongkos overhead

Ongkos overhead ialah ongkos yang dikeluarkan untuk memberikan dukungan proses produksi. Ongkos overhead ini tidak terkait langsung dengan proses produksi, tetapi menolong kelancaran proses produksi.

Jadi, Total Biaya Yang Dikeluarkan Untuk Proses Produksi Disebut Apa?

Seperti dijelaskan sebelumnya total biaya yang dikenakan untuk proses produksi adalah dikenal dengan nama biaya produksi. Yang mana sudah dijelaskan apa-apa saja jenis dari biaya tersebut. (SPN)

Tinggalkan Balasan