Nama Nama 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia dan Pengaruhnya
Nama Nama 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia dan Pengaruhnya

Nama Nama 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia dan Pengaruhnya

Artikel kali ini akan mengulas tentang siapa saja Nama Nama 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia dan Pengaruhnya. Bilamana Anda tinggal di Indonesia ya harus melek dong dengan tentang hal-hal seperti ini. Mari kita simak baik-baik.

Nama Nama 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia dan Pengaruh Mereka

Berikut ini kami rincikan satu persatu dari sembilan orang sukses yang dianggap sebagai naga penguasa ekonomi Indonesia. Meraka adalah:

1. Sofjan Wanandi

Sofjan Wanandi diketahui dekat dengan mantan wakil presiden Indonesia, Yusuf Kalla. Ini merupakan hal yang lumrah lantaran keduanya telah berkenalan baik sejak lama. Sampai-sampai, salah seorang pengurus partai PDI Perjuangan mengaku bahwa Sofjan melakukan lobi kepada Megawati agar menduetkan Yusuf Kalla dengan Jokowi dalam pemilihan presiden tahun 2014 kemaren.

Pada tahun 2013, Sofjan menegaskan akan mengeluarkan uang sebanyak Rp 2 triliun bilamana temannya, Yusuf Kalla dapat berpasangan dengan Joko Widodo. Sofjan sendiri dilansir mempunyai kekayaan sebesar lebih dari Rp 3 triliun. Saat ini beliau memegang tampuk pimpinan Asosiasi Pebisnis Indonesia (APINDO)

2. Tahir

Siapakah Tahir? Tahir adalah ipar dari James Riady. Istri Tahir yang bernama Rosy Riady merupakan putri dari Mochtar Riady. Majalah Forbes menempatkan Tahir pada urutan ke-7 dari daftar orang terkaya di Indonesia berdasarkan data Maret 2013. Kekayaan yang dimilikinya sebesar 3 miliar dolar Amerika Serikat. Saat ini, beliau berhasil dengan bisnis Mayapada Group nya.

3. Rusdi Kirana

Rusdi Kirana dan kakanya yang bernama Kusna Kirana menempati urutan ke-29 pada list orang terkaya di Indonesia menurut Majaah Forbes pada Bulan November 2013. Keduanya saat ini berhasil dalam bisnis maskapai penerbangan yaitu dengan memiliki Lion Air.

Jumlah kekayaan Rusdi Kirana sebesar 1 miliar dolar Amerika Serikat. Pada pemilu tahun 2014, beliau masuk dalam daftar nama tim pemenangan Jokowi – JK dan bertindak sebagai dewan pengarah.

4. Jacob Soetoyo

Direktur PT Gesit Sarana Perkasa ini memiliki jaringan yang kuat untuk melakukan lobi-lobi internasional. Jacob juga merupakan Dewan Pengawas Center of Strategic and International Studies (CSIS). Beliau menyediakan tempat tinggalnya di Permata Hijau untuk melakukan tatap muka Jokowi dengan perwakilan asing di Jakarta. Meraka yang bertemu diantaranya adalah Duta besar Amerika Serikat (AS) Robert O’ Blacke, Duta Besar Myanmar, Meksiko, Turki, Norwegia serta Vatikan. PAda mulanya, Jacob juga menyediakan fasilitas untuk melaksanakan tatap muka antara Jokowi dengan bekas Pertama Menteri Malaysia Mahathir Mohammad pada kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta.

5. James Riyadi

Tahukah Anda nama asli James Riyadi? Itu adalah Li Bái. Beliau pernah terjebak dalam terkena masalah dalam hal dukungan pada pemilihan presiden Amerika Serikat yang memenagkan Bill Clinton. James Riyadi merupakan bos dari Lippo Group. Grup ini bermain dalam bisnis pasar perbankan, property, serta rumah sakit. Beliau menjadi simpatisan Joko Widodo semenjak mulai penyeleksian Gubernur Jakarta. Akan tetapi, beliau diindikasikan berkompetisi impak di Joko Widodo dengan Jacob Soetoyo yang beragama Katolik.

6. Anthony Salim

Nama asli Anthony Salim adalah Liem Hong Sien. Beliau termasuk 10 orang pebisnis yang punya pengaruh di Indonesia. Tergolong ke dalam kelompok ini tidak sembarangan. Hal ini dikarenakan beliau mampu membuat sukses kembali Grup Salim yang saat itu mengalami masalah ekonomi akibat krisis tahun 1998 menjadi Grup Salim yang sukses. Pada waktu itu, Salim Grup memiliki utang sebanyak 55 triliun rupiah.

Anthony Salim yang menggenggam kekuasaan di Salim Group dengan jalan membayarkan hutangnya melalui penjualan beberapa perusahaan yang dimilikinya. Beberapa diantaranya PT Indocement Tunggal Perkasa, PT BCA, serta PT Indomobil Jaya Internasional. Meski begitu, Anthony Salim masih memiliki beberapa perusahaan besar yang tidak ia jual. Perusahaan itu diantaranya ialah PT Indofood Jaya Makmur Tbk serta PT Bogasari Flour Mills. Ke-2 perusahaan ini adalah perusahaan menghasilkan mi instan serta tepung terigu paling besar di dunia.

7. Tommy Winata

Siapakah Tommy Winata? Beliau adalah pemilik Grup Artha Graha ataupun Artha Graha Network. Ini adalah grup yang berkecimpung dalam bidang perbankan, property, maupun infrastruktur. Di samping usaha komersil, beliau juga merupakan pendiri Artha Graha Perduli. Ini adalah suatu yayasan sosial, kemanusiaan, dan lingkungan hidup. Beberapa kali yayasan ini memberikan bantuan kepada masyarakat Indonesia. Setelah pelantikan menteri oleh Presiden Jokowi, beliau terlihat dekat dengan Menteri Susi Pudjiastuti.

8. Edward Soeryadjaya

Edward Soeryadjaya memiliki nama asli Tjia Han.  Beliau merupakan pemilik Ortus Grup. Ini adalah suatu perusahaan yang beroperasi di sektor otomotif. Jalinan di antara Edward dengan Jokowi benar-benar dekat. Tambahan lagi, Edward sempat keluarkan uang dalam jumlah yang besar sekali dari pundi-pundi kekayaannya untuk menyukseskan monorail project. Ortus Grup saat ini dalam tahapan untuk melakukan akuisisi saham PT JM sampai 90% atau sebagian besarnya.

9, Robert Budi Hartono

Nama asli dari Robert Budi Hartono adalah Oei Hwie Tjhong. Beliau adalah pemilik perusahaan rokok Djarum. Sekarang ini ada satu trend baru di dunia maju untuk mendesak industri rokok. Baik iklan atau sponsor rokok di beberapa pekerjaan mulai dibatas. Contohnya, Marlboro yang pasarnya di Amerika mulai mendapatkan desakan hingga cari pasar baru, salah satunya tempat basah itu ialah Indonesia. Itulah yang menjadi penyebab Robert Budi Hartono memberikan dukungan kepada Jokowi untuk amankan usaha bisnis dan pasarnya di Indonesia.

Ada banyak rekan yang skeptis apa betul 9 naga yang notabene non-pribumi itu demikian punya pengaruh dengan politis di Indonesia? Menurut hemat kami, walau 9 naga itu belum pasti adalah orang paling kaya di Indonesia, tetapi mereka sekarang ini ialah orang sangat punya pengaruh di Indonesia. (sumber: spjnews.net)

Baca info lainnya: Daftar Konglomerat Pemilik Bank Besar Di Indonesia

Pencarian Populer:

Nama 9 Naga Indonesia bisnisNama nama 9 Naga Indonesia bisnis9 naga Indofoodpenguasa indonesia 9 nagasiapa saja 9 naga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *