Tujuan Rapat Bisnis

Alobisnis.com – Tujuan Rapat Bisnis. Menurut Locker dalam bukunya “Business Communication: Building Critical Skills” mengatakan jika sebuah rapat secara umum memiliki enam tujuan, diantaranya:

Tujuan Rapat Bisnis

  • Share info
  • Penjajagan gagasan/ide (brainstorming)
  • Penilaian gagasan/ide
  • Ambil keputusan
  • Membuat document
  • Berikan motivasi peserta

Baca Juga : Pengertian Rapat Bisnis

Dalam kerangka usaha, penyelenggaraan rapat usaha tidak harus meliputi ke enam arah itu. Rapat usaha yang diadakan oleh sebuah perusahaan bisa jadi cuma ditujukan sekedar untuk memberitahukan beragam info penting yang penting dipahami oleh peserta rapat itu yang dituruti dengan sesion bertanya jawab. Tetapi, bisa jadi sebuah rapat usaha ditujukan untuk memberitahukan suatu hal ke peserta, lakukan penjajagan gagasan, menilai gagasan yang ada dan pada akhirnya ambil sebuah keputusan penting untuk perusahaan.

Sebagai contoh, manager marketing memberitahukan ke beberapa peserta rapat jika perubahan pemasaran sepanjang satu semester ini alami perubahan yang cukup menyenangkan jika dibanding dengan pemasaran semester lalu. Pemasaran semester ini bertambah nyaris 100% jika dibanding dengan pemasaran semester lalu.

Bahkan juga, menurut hasil penelitian marketing yang sudah dilakukan dengan teratur oleh seksi penelitian marketing memperlihatkan jika keinginan produk alami kenaikan cukup berarti mendekati bulan puasa dan lebaran. Maka dari itu, berdasar penelitian marketing itu, karena itu tahun depannya perusahaan perlu tingkatkan produksinya untuk menyambut bulan puasa dan lebaran.

Simak Juga : Perbedaan Rapat Bisnis Dengan Rapat Non-Bisnis

Berdasar contoh itu, karena itu sebuah rapat usaha tidak saja memberitahukan suatu hal ke peserta, tapi lakukan penilaian dan ambil keputusan penting untuk perkembangan perusahaan ke depan. Selain itu, sebuah rapat usaha ditujukan untuk hasilkan sebuah document penting untuk perusahaan yang paling berguna untuk pengaturan taktik perusahaan ke depan. Misalkan, beberapa hasil keputusan yang sudah disetujui dalam sebuah komunitas rapat usaha yang komplet yang didatangi oleh beberapa pengambil peraturan perusahaan, seterusnya didokumentasi secara baik, karena itu hal tersebut bisa menjadi document yang paling bernilai untuk perusahaan.

Langkah pendokumentasiannya bisa dilaksanakan berbentuk print-out (cetakan) atau soft copy (disimpan dalam pola digital). Rapat usaha dapat ditujukan untuk berikan motivasi beberapa peserta rapat itu. Sebagai contoh, rapat usaha yang diadakan oleh Departemen Marketing dan didatangi oleh semua staf pegawai departemen marketing. Dalam rapat usaha itu manager marketing memberi motivasi ke semua staf pegawainya selalu untuk tingkatkan performanya jadi makin baik.

Bahkan juga, manager marketing barangkali memberi penghargaan yang berbentuk stimulan, natura (barang), atau promo kedudukan untuk pegawai yang sanggup melewati sasaran pemasaran yang sudah diputuskan sebagai wujud motivasi yang diberi oleh pimpinan itu. (SPN)

Tinggalkan Balasan