Apa Saja Karakteristik Kurva Indiferen ?

Pada artikel ini kami akan menjelaskan bagaimana ciri-ciri dan karakteristik kurva indiferen. Silahkan disimak

Pendekatan kurva indiferen (indifference curve) ialah langkah memandang sikap customer pada suatu usaha dengan memakai kurva. Diagram atau garis lengkung itu menyambungkan beberapa titik gabungan dari beberapa jumlah barang tertentu yang dimakan, hingga memberi tingkat kepuasan yang serupa.

Secara simpel, kurva indiferen menunjukkan bagaimana sikap customer pada 2 buah produk yang memberi tingkat kepuasan yang serupa. Berikut ini akan diterangkan berkenaan pendekatan kurva indiferen. Supaya kamu lebih pahaminya, baca tulisan berikut!

Beberapa Karakteristik Kurva Indiferen

Menyadur dari Modul Ekonomi Micro Teori Sikap Customer dengan Pendekatan Ordinal oleh Posma Sariguna Johnson Kennedy, kurva indiferen mempunyai beberapa ciri seperti berikut:

  1. Memiliki kemiringan yang negatif. Jika konsumsi satu tipe barang ditambahkan, konsumsi barang lain harus dikurangkan.
  2. Cembung ke titik origin. Ini memperlihatkan ketidaksamaan pembagian jumlah yang perlu dipertaruhkan customer untuk mengganti gabungan jumlah masing-masing barang yang dimakan (marginal rate of substitution)
  3. Tidak sama-sama berpotongan. Ciri-ciri kurva indiferen mustahil mempunyai kepuasan yang serupa di suatu kurva indiferen yang lain. Jika sama-sama berpotongan, tidak searah dengan pengertian yang sudah diterangkan di atas.

Baca Juga : Kurva Permintaan yang Dihadapi Suatu Perusahaan dalam Persaingan Sempurna Bersifat Apa?

Tinggalkan Balasan