Sebutkan Manfaat Perhitungan BEP Dalam Bisnis Online
Sebutkan Manfaat Perhitungan BEP Dalam Bisnis Online

Sebutkan Manfaat Perhitungan BEP Dalam Bisnis Online

Bila Anda bertanya seperti sebutkan manfaat perhitungan bep dalam bisnis online maka silahkan simak jawabannya di sini. Kami akan menjelaskan secara singkat dan fokus pada pertanyaan tersebut. BEP adalah kependekan dari Break Even Poin.

Break even poin ialah elemen penghitungan usaha paling penting untuk pebisnis. Tanpa pahami langkah hitung break even poin, pelaku bisnis terancam alami rugi tiba-tiba. Dalam ulasan ini kali, OCBC NISP akan ajak sahabat pahami BEP, faedah break even poin, rumus langkah hitung sampai misalnya.

Pengertian Break Even Poin (BEP)

BEP, atau break even poin ialah penghitungan keuangan dasar yang memperlihatkan berapakah modal diperlukan untuk membikin produk sejumlah demikian. Oleh karena tersebut, BEP selalu memperlihatkan kesamaan jumlah ongkos dan harga produk.

Untuk seorang pebisnis, pengetahuan mengenai break even poin ialah hal mutlak. Tanpa kekuatan hitung BEP, pelaku bisnis akan alami banyak permasalahan, dimulai dari kesusahan tentukan margin keuntungan sampai meramalkan kapan usahanya balik modal.

Manfaat Break Even Poin

Sesudah mengulas pemahaman break even poin, ini kali kita akan mengulas lebih detil bagaimana keutamaan BEP untuk pebisnis. Adapun faedah break even poin ialah seperti berikut.

Ketahui Ongkos Keseluruhan Produksi

Point pertama faedah break even poin untuk ketahui keseluruhan ongkos yang dikeluarkan untuk menghasilkan beberapa barang. Saat lakukan penghitungan BEP, Anda pun automatis hitung ongkos produksi Anda, dimulai dari ongkos masih tetap (fixed biaya) sampai ongkos faktor (variable biaya).

Sebagai Dasar Penghitungan Keuntungan

Di dunia usaha, ada istilah margin keuntungan, yakni ukuran standard keuntungan atas tiap buah produk. Bila ingin tentukan margin keuntungan, break even poin ialah hal pertama kali yang perlu Anda kalkulasi. Sebagai contoh, Anda ingin mendapatkan keuntungan sejumlah Rp10 ribu per produk terjual. Karena itu harga produk Anda baiknya ialah nominal BEP ditambah lagi margin keuntungan itu.

Perkiraan Waktu Balik Modal

Faedah break even poin selanjutnya untuk ketahui perkiraan balik modal. Sebagian besar usaha harus ikhlas tidak untung pada awal pendirian, karena merek awareness produk belum terjaga.

Supaya tahu sampai kapan rugi ini terjadi, pelaku bisnis harus ketahui seberapa banyak produk harus terjual sekalian lama penjualannya. Tanpa BEP, perkiraan jumlah produk terjual tidak bisa dihitung, hingga durasi waktu pemasaran tidak bisa diprediksi.

Analisis Keuntunganabilitas Usaha

Point paling akhir faedah break even poin untuk menganalisis apa usaha betul-betul dapat hasilkan keuntungan. Penghitungan break even poin ialah fondasi buat tentukan keuntunganabilitas. Anda tidak akan mengetahui usaha Anda keuntungan atau rugi tanpa pelajari langkah hitung break even poin.

Nah, itu tadi jawaban dari pertanyaan Sebutkan Manfaat Perhitungan BEP Dalam Bisnis Online. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.