Cara Mengolah Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang Hias dan Aduan
Sumber gambar: https://www.nparks.gov.sg/gardens-parks-and-nature/heritage-trees/ht-2017-290

Cara Mengolah Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang Hias dan Aduan

Pada artikel ini kami akan berbagi tentang bagaimana tips cara mengolah daun ketapang untuk ikan cupang hias dan aduan dari Alobisnis.com. Bagi Anda yang merasa memiliki hobi sejenis silahkan merapat. Mari kita simak dengan baik!

Daun ketapang atau yang diketahui dengan nama latin catappa adalah daun yang dari pohon indian almond. Pohon ini bisa hidup subur di pinggir pantai. Daun ketapang benar-benar memiliki manfaat dengan budidaya ikan hias, diantaranya ikan cupang.

Ikan yang terbagi dalam dua tipe ini (ikan cupang hias serta aduan) mempunyai kelebihan pada sisiknya. Oleh karena keindahan dan kecantikan sisiknya inilah banyak yang tertarik untuk memeliharanya. Tidak jarang ini dijadikan sebagai usaha budidaya ikan cupang.

Tetapi, untuk memperoleh warna yang prima dan mengundang ketertarikan, diperlukan perawatan yang tidak asal-asalan. Nah, daun ketapang bermanfaat untuk memberikan dukungan perawatan serta budidaya ikan cupang.

Baca juga: Tips cara kawinkan ikan cupang

Daun Ketapang untuk Budidaya Ikan Cupang

Faedah Daun Ketapang untuk Ikan

Sampai sekarang ini, daun ketapang banyak dicari dan disukai oleh beberapa oleh para pelaku usaha budidaya ikan cupang. Mengapa sampai demikian? Oleh karena, daun ketapang ini berguna untuk pengobatan kulit ikan cupang.

Ada beberapa faedah daun ketapang untuk ikan cupang serta tipe ikan yang lain, diantaranya:

  • Membuat kulit ikan cupang semakin cantik, indah, dan cerah.
  • Daun ketapang untuk ikan cupang terkhusus daun ketapang kering mempunyai kandungan zat organik dimana zat ini bisa menurunkan kadar keasaman (pH) dan menghisap zat kimia di dalam air.
  • Untuk proses budidaya, daun ketapang berguna untuk wadah dan tempat ikan cupang menempatkan telur mereka. Kandungan zat organiknya akan membantu membunuh bakteri yang mengancam keberadaan telur.
  • Mencegah dan mengobati penyakit jamur dan penyakit kulit lainnya pada ikan cupang.
  • Kandungan pH air yang setimbang pas buat ikan cupang untuk hidup.

Daun ketapang yang harga tidak berapa serta benar-benar gampang diketemukan punyai faedah yang mengagumkan untuk ikan cupang. Namun, cukup banyak orang lakukan kekeliruan dalam memproses daun ketapang untuk ikan cupang.

Langkah Memproses Daun Ketapang

Penting untuk diingat bahwasanya daun ketapang yang tidak diolah sebelum digunakan justru mendatangkan bencana buat ikan cupang. Hal ini biasanya  disebabkan daun ketapang tidak steril, sehingga zat organik yang keluar tidak optimal. Pengolahan daun ketapang yang tidak baik biasanya ditandai dengan permukaan air berminyak serta warna kotor bukan gelap dan bau tidak enak.

Oleh karenanya, turuti cara langkah memproses daun ketapang untuk ikan cupang berikut:

  • Membersihkan kotoran yang melekat pada daun ketapang.Rendam daun ketapang itu di air garam semasa 30 menit.
  • Angkat daun ketapang dari air garam. Masukan ke wadah berisi air bersih serta diamkan semasa 24 jam.
  • Sesudah dicelup 24 jam, keringkan daun di bawah cahaya Matahari semasa 2-3 hari, sampai daun betul-betul kering.
  • Tiap helai daun ketapang untuk ikan cupang dipakai pada volume air 5-6 liter.

Nah, demikian faedah daun ketapang untuk ikan cupang serta langkah memprosesnya yang betul. Untuk praktisi budidaya dan bisnis ikan cupang, yuk manjakan koleksimu dengan beberapa pilihan akuarium menarik serta paling murah yang dapat kamu peroleh.

Sumber: Tokopedia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *