Tips Cara Kawinkan Ikan Cupang
Sumber gambar: iStock.com/NONTANUN-CHAIPRAKON

Tips Cara Kawinkan Ikan Cupang

Yuk pelajari tips cara kawinkan ikan cupang, siapa tahu Anda bisa buka usaha bisnis ikan cupang. Langkah cara mengawinkan ikan cupang agar berhasil tidak demikian susah. Ikan yang populer dengan keelokannya ini saat ini mempunyai banyak peminat untuk memeliharanya. Serta banyak yang meelakukan budidaya ikan cupang.

Tetapi, ada banyak orang yang pelihara cupang tidak pahami langkah mengawinkan ikan cupang itu. Walau sebenarnya ikan cupang adalah salah satunya ikan hias yang sebetulnya cukup gampang dijaga.

Baca juga: Peluang Bisnis Ikan Cupang Rumahan Yang Menguntungkan

Panduan dan Tips Cara Kawinkan Ikan Cupang

Langkah mengawinkan ikan cupang dapat diterapkan di dalam rumah. Kamu perlu mempersiapkan beberapa peralatan serta pilih ikan cupang yang akan dikawinkan dengan jeli supaya memperoleh hasil yang bagus.

Persiapan Ikan Cupang Dalam Bidang Pemijahan

Seleksi

Dalam langkah mengawinkan ikan cupang, hal pertama yang perlu kamu kerjakan ialah memilih ikan cupang yang akan dikawinkan. Kamu perlu beli atau mempunyai ikan cupang yang berumur minimal enam bulan ke atas, tetapi tidak lebih dari 14 bulan.

Disamping itu, kedua-duanya harus mempunyai ukuran yang hampir serupa, sama warna yang cerah, tanpa ada luka, atau sisik yang hilang. Kedua-duanya harus punyai insang yang bagus tanpa bengkak yang nampak. Kamu harus juga mengecek situasi genetik dari ikan cupang supaya ikan tidak sakit-sakitan. Pokoknya ialah kamu harus pintar pilih dengan menimbang situasi ikan cupang yang akan kamu pilih.

Pertanda ikan cupang siap kawin yakni ada gelembung-gelembung udara pada ikan cupang jantan, apabila betina karena itu ada bintik putih di perutnya serta perut nampak gendut. Bintik putih serta perut yang gendut adalah sinyal ada telur di ikan cupang betina yang siap untuk dibuahi si jantan.

Mempersiapkan Wadah

Kamu dapat memakai wadah yang cukup luas supaya ikan cupang yang dikawinkan bertambah bebas. Tetapi janganlah sampai ukuran wadah yang kamu pakai, baik ember atau botol begitu lebar, justru menyebabkan ikan cupang tidak berhasil kawin sebab tidak sama-sama lihat. Disamping itu, kamu jangan mengubah airnya waktu ikan bertelur.

Air Bersih

Untuk langkah mengawinkan ikan cupang yang bagus, kamu dapat juga isi wadah dengan air yang sudah diendapkan dengan kedalaman di antara 10 sampai 15 cm saja supaya temperatur air di landasan tidak dingin.

Temperatur yang diperlukan di antara 21 sampai 31 derajat Celcius, untuk pemijahan baiknya ialah 25 derajat Celcius. Dengan demikian dapat mempermudah ikan cupang jantan menjaga telur serta burayak yang jatuh dari busa.

Tempat telur

Tempat telur dapat berbentuk ijuk, tali ravia, gabus, plastik, tanaman air yang mengapung dan lain-lain. Tempat telur ini manfaatnya untuk ikan jantan meletakkan gelembung tempat telur. Jadi sang gelembung tidak gampang pecah serta berhamburan kemana saja.

Tempat telur ini nanti akan kita tempatkan di atas air (mengapung) atau ditempelkan selain toples sejajar dengan air jadi gelembung bisa melekat disana. Dengan mempersiapkan beberapa keperluan ini, karena itu kamu telah jalani langkah awal dari langkah menjaga ikan cupang.

Memadukan Ikan Cupang

Kenalkan Ikan Cupang

Langkah memadukan ikan cupang ang pertama ialah perjumpaan ikan keduanya. Tempatkan ikan disamping bersimpangan wadah supaya mereka dapat terlatih keduanya. Saat mereka tidak memperlihatkan agresivitas serta tidak berusaha untuk menggempur lewat pembatas, bermakna mereka tertarik keduanya.

Perhatikan Sikap Ikan Cupang

Seterusnya, kamu dapat memperhatikan sikapnya untuk langkah memasangkan ikan cupang ini. Bila ikan cupang tertarik keduanya karena itu cupang jantan akan berenang tampilkan serta memperlihatkan siripnya pada cupang betina. Sedang betina akan memperlihatkan garis vertikal pada badannya serta tundukkan kepala. Sedikit agresivitas tidak apa-apa, tapi bila mereka coba menggempur keduanya, pisah mereka lagi serta coba lagi lain kali, atau coba dengan pasangan lain.

Sinyal Ikan Cupang Siap kawin

Apa saja ciri ciri ikan cupang betina siap kawin? Waktu siap kawin, ikan cupang jantan akan membuat sarang gelembung. Sedang cupang betina perutnya akan nampak kembung serta memperlihatkan sikap yang taat pada cupang jantan, yang mengisyaratkan ia siap bertelur. Waktu telah lihat pertanda itu, kamu bisa melepas pembatas yang dipakai barusan. Dengan demikian kamu telah melalui step langkah memasangkan ikan cupang seterusnya.

Melepas Pembatas

Langkah memasangkan ikan cupang setelah itu melepas pembatas. Waktu kedua-duanya bersama-sama, kamu tetap harus memantaunya. Cupang jantan umumnya akan mengganggu cupang betina dengan menggigit sirip serta memburu-ngejar cupang betina. Ini tidak jadi masalah jika nyawa cupang betina tidak terancam.

Ikan Cupang Keluarkan Telur

Saat kedua-duanya di bawah sarang gelembung, kedua-duanya akan sama-sama berangkulan. Ini dilaksanakan untuk menolong mendesak telur keluar dari ovipositor betina. Cupang jantan akan berenang serta ambil telur-telur yang jatuh, selanjutnya meletakkannya satu demi satu di sarang. Kedua-duanya akan berkali-kali berangkulan lagi sampai cupang betina stop keluarkan telur.

Sesudah Stop Keluarkan Telur

Sesudah stop keluarkan telur, cupang betina kemungkinan menolong cupang jantan bawa telur-telur ke sarang. Pantau cupang betina sebab dia kemungkinan mengonsumsi telur-telur, bila berlangsung demikian karena itu alihkan cupang betina itu ke bagian yang satu lagi.

Mengeluarkan Ikan Cupang

Sesudah seputar 3 hari anda akan lihat anak ikan berenang keluar dari sarang gelembung. Mengeluarkan cupang jantan serta betina dari wadah serta letakkan kedua-duanya dengan cara terpisah. Demikianlah langkah memasangkan ikan cupang yang tidak demikian susah dilaksanakan tetapi memang seharusnya dilaksanakan dengan kesabaran.

Nah, itu tadi penjelasan lengkap seputar bagaimana tips cara kawinkan ikan cupang. Apakah sudah dimengerti? Silahkan layangkan pertanyaan di kolom komentar bila masih ada yang belum paham. Semoga bermanfaat.

Sumber: liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *