Peluang Bisnis Ikan Cupang Rumahan Yang Menguntungkan
Sumber gambar: Daniella Vereeken (commons.wikimedia.org)

Peluang Bisnis Ikan Cupang Rumahan Yang Menguntungkan

Kamu siap untuk memulai bisnis budidaya ikan? Salah satu budidaya ikan yang lagi naik daun adalah ikan cupang. Baca dulu peluang bisnis ikan cupang rumahan yang menguntungkan ini. Semoga menginspirasi dan menggerakkan kemauan untuk membukan usaha di bidang ini

Mengenali Ikan Cupang

Ikan Cupang ialah ikan yang hidup di air tawar, yang habitat aslinya ialah beberapa negara di Asia Tenggara, diantaranya Brunei Darussalam, Indonesia, Thailand, Malaysia, serta Singapura. Ikan ini mempunyai ciri-ciri dan bentuk yang benar-benar unik serta condong agresif untuk menjaga daerah kekuasannya. Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan yang bisa beradaptasi dalam tempo waktu yang lama. Oleh karena itu, bila ditempatkan pada wadah dengan volume air yang sedikit serta tanpa alat perputaran udara, jangan heran bila ikan jenis ini masih bisa bertahan hidup.

Ikan cupang ini termasuk salah satunya tipe ikan hias yang sangat mudah dalam proses pemeliharannya. Ikan ini mempunyai banyak peminat. Oleh karena itu, usaha ternak ikan cupang adalah suatu kesempatan usaha yang cukup potensial dan. Apalagi persyaratan untuk budidayanya yang termasuk cukup gampang sebab tidak memerlukan tempat luas serta modal yang besar.

Keuntungan dari usaha ternak ikan cupang ialah karena seperti dibahas di atas yaitu daya tahan tubuh yang cukup baik. Ikan ini bisa beradaptasi pada kondisi oksigen yang minimal. Mengapa bisa ada kemampuan seperti ini? Kekuatan semacam ini sebab pada tubuh ikan cupang ada rongga labirin yang hampir seperti pada paru-paru manusia. Ketahanan ikan cupang ini meminimalkan kerugian ekonomi yang dapat dirasakan karena ikan cupang yang mati. Semuanya pasti jadi unsur penilaian besarnya potensial yang dipunyai oleh budidaya ikan cupang ini.

Step Awal Mengawali Usaha Ternak Ikan Cupang

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membantu Anda memulai usaha ternak ikan cupang.

1. Pilih indukan ikan cupang

Untuk mengawali budidaya ikan cupang, langkah awal yang perlu disediakan ialah memperoleh indukan atau bibit yang berkualitas. Indukan yang bagus sedapat mungkin datang dari turunan yang unggul, keadaannya fit, dan bebas cacat bawaan dan penyakit. Taruh indukan jantan serta betina dalam tempat terpisah.

Berikut ini panduan dalam memperbedakan cupang jantan serta betina:

  • Jantan: pergerakan yang gesit, sirip serta ekornya lebar mengembang, memiliki warna yang cerah, badannya bertambah besar.
  • Betina: pergerakannya lebih cenderung lambat, sirip serta ekor yang bertambah pendek, warna lebih kurang cerah dari jantan, serta tubuh yang bertambah kecil.

Itu ketidaksamaan di antara cupang betina dan jantan. tahap selanjutnya ialah proses pemijahan ikan cupang. Sebelum lakukan pemijahan, Anda perlu memastikan bahwasanya indukan jantan serta betina telah masuk ke dalam masa gonad atau dalam arti lain ialah siap untuk berkawain.

Bagaimana ciri cupang yang siap kawin?

Mengenai beberapa ciri indukan yang sudah memperlihatkan babak siap kawinadalah seperti rincian di bawah ini:

  1. Cupang jantan:
    • Memliki usia minimum 4-8 bulan, bentuk tubuhnya yang panjang, siripnya panjang serta warnanya jelas menarik, pergerakannya gesit dan agresif.
  2. Cupang betina:
    • Mempunyai umur minimal 3-4 bulan, bentuk tubuhnya cenderung membulat, sisi perutnya sedikit buncit, siripnya pendek serta warnanya kusam tidak menarik, pergerakannya juga menjadi lamban.

2. Persiapan pemijahan ikan cupang

Bila ikan cupang siap untuk dikawinkan atau dipijah, Anda perlu sediakan suatu wadah atau tempat pemijahan yang baik dan khusus. Itu semisal memakai baskom kecil dengan ukuran 20 x 20 x 20 cm.

Anda pun perlu mempersiapkan gelas plastik kecil yang dipakai untuk tempat spesial buat ikan cupang betina semasa pemijahan. Sesaat sebelum betina akan dikawini maka harus segera dipersiapkan sebaik mungkin. Dibutuhkan tambahan beberapa tumbuhan dalam wadah untuk cupang betina tersebut. Tumbuhan yang bisa dimanfaatkan seperti kiambang atau tumbuhan air lainnya.

Penting untuk Anda pahami bahwasanya dalam sekali pemijahan, dapat dibuahi sampai 1000 butir telur ikan cupang. Biasanya telur-telur itu akan selekasnya menetas dalam tempo 24 jam atau sehari sesudah pembuahan induk.

Perlu diingatkan bahwasanya tingkat kematian benih ikan cupang ini sangat tinggi. Serta, menurut pengalaman beberapa pembudidaya ikan cupang, diterangkan jika dari 1000 telur ikan cupang, kadang cuman 30 sampai 50 butir telur saja yang sukses jadi ikan cupang yang sampai pada tahapan pemanenan.

Penting dipahami juga jika saat pemijahan, ikan cupang jantan masih dapat dikawinkan lagi dengan ikan cupang yang betina yang lain. Namun, harus ada waktu renggang kira-kira 2-3 minggu sesudah dikawinkan. Sementara itu, ikan cupang betina cuman dapat dikawinkan sekali saja.

3. Proses pemijahan ikan cupang

Sesudah proses persiapan pemijahan siap, setelah itu proses pemijahan ikan cupang. Dalam proses ini ada langkah-langkah yang penting dilaksanakan, diantaranya:

  • Kerjakan pemenuhan air bersih ke wadah yang telah disediakan sebelumnya. Isi air dengan ketinggian kurang lebih 10 sampai 15 cm. Seharusnya memakai air tanah atau air sungai yang jernih. Bila Anda memakai air tanah, endapkan lebih dulu semalaman sampai air itu menjadi berubah betul-betul jernih. Jangan pakai air dalam paket atau air PAM yang bau kaporit dalam proses pemijahan ini. Karena bisa menyebabkan tidak berhasilnya proses pemijahan sebab telur-telur ikan cupang itu jadi hancur.
  • Seterusnya imbuhkan tanaman air ke wadah yang telah diisikan air. Peranan tanaman itu sebagai tempat burayak berlindung. Namun, janganlah sampai terlalu berlebih memberi tanaman air ke wadah, sebab akan membuat oksigen makin sedikit, meskipun ikan cupang bisa hidup di di air yang minim oksigen.
  • Bila tanaman air telah berada di dalam akuarium, masukan ikan cupang jantan ke baskom yang sudah disediakan lantas diamkan semasa sehari penuh. Hal tersebut akan memunculkan gelembung-gelembung udara yang berperan untuk simpan beberapa telur yang telah dibuahi nantinya. Bila ikan cupang jantan itu nampak tidak membuat gelembung udara, coba pancing ikan jantan itu dengan memasukkan ikan cupang betina ke baskom dengan cara terpisah, dapat dengan dimasukkan pada dalam gelas plastik yang bening atau sisa gelas air mineral lantas gelas itu dibenamkan ke baskom tadi. Cupang jantan akan bereaksi sesudah lihat cupang betina dengan membuat gelembung-gelembung udara.
  • Sesudah gelembung udara ada, waktunya Anda menjadikan satu cupang betina dengan cupang jantan. Waktu yang terbaik dalam proses pemijahan ialah pada jam 7-10 pagi atau jam 4-6 sore. Ini penting selalu untuk jadi perhatian, sebab ke-2 indukan itu rawan dipengaruhi oleh temperatur udara di sekelilingnya. Ikan cupang juga peka saat waktu kawin. Karena itu, seharusnya Anda tutupi baskom itu dengan koran atau menempatkan baskom di ruang yang makin steril dari capaian serta suara bising beberapa orang yang berlalu lalang.
  • Sesudah proses pembuahan berlangsung, selekasnya angkat cupang betina, sebab ia rawan untuk mengonsumsi telur-telur itu. Sebab yang akan membesarkan serta jaga burayak atau telur ikan cupang ialah cupang jantan. Nanti sang cupang jantan akan menempatkan telur-telur itu ke gelembung-gelembung udara yang telah dibikinnya tadi.
    f. Sesudah telur-telur itu menetas lantas jadi burayak, tak perlu memberi pakan semasa tiga hari ke burayak-burayak itu, sebab burayak-burayak itu masih simpan beberapa nutrisi saat dia masih di telur.
  • 3 hari sesudah telur-telur menetas, baru Anda dapat memberi kutu air yakni moina atau daphnia untuk pakan untuk burayak-burayak itu. Harus diingat, jangan kebanyakan atau terlalu berlebih dari jumlah burayak, sebab malah akan mengotori air serta mengakibatkan masalah pada kesehatan burayak itu, hingga dapat mengakibatkan kematian pada burayak.
  • Dua minggu sesudah telur menetas, baru ikan cupang jantan bisa dipisah dari burayak-burayaknya. Mengapa? Hal ini dikarenakan beberapa burayak itu telah mencapai waktu remaja serta dapat hidup sendiri.
  • Sesudah satu setengah bulan, burayak-burayak barusan mulai berkembang dewasa, serta tiba waktunya untuk pisahkan di antara burayak yang burayak dan jantan yang betina. Seterusnya, Anda tinggal kurangi proses yang sudah disebut di atas.

Pakan serta Perawatan Ikan Cupang

Pemberian pakan pada ikan cupang dilaksanakan sekitar 3-4 kali satu hari supaya proses perkembangan ikan cupang bisa berjalan cepat. Beberapa jenis pakan yang diberi pada ikan cupang yakni berbentuk kutu air, cacing larva nyamuk, dan sutera. Jangan terlalu berlebih dalam memberi pakan sebab akan mengotori air serta bisa berbahaya untuk kesehatan ikan cupang nantinya.

Walaupun kita memahami ikan cupang mempunyai ketahanan hidup yang sangat kuat, tapi jangan malas untuk melakukan perawatan untuk ikan ini. Triknya dengan pastikan kualitas air selalu bersih dan baik. Jika memang perlu kenakan filter pencuci air yang akan masuk ke akuarium atau wadah tempat ikan cupang, supaya kebersihan air itu akan selalu terjaga.

Baca juga: Kisaran biaya bisnis budidaya udang vaname

Modal Awal serta Kekuatan Keuntungan dari Usaha Ternak Ikan Cupang

Buat Anda yang berminat untuk mengawali usaha ternak ikan cupang, berikut perincian modal yang akan anda perlukan:

A. Modal Awal

  • Bibit ikan serta induk ikan Rp.300.000
  • Akuarium Rp.400.000
  • Keseluruhan modal yang anda perlukan Rp.700.000

B. Pengeluaran Bulanan

  • Penyediaan bibit cupang Rp.300.000
  • Pakan Ikan cupang Rp.200.000
  • Vitamin, dan lain-lain Rp.300.000
  • Keseluruhan pengeluaran dalam satu bulan Rp.800.000

Kekuatan keuntungan yang akan didapat saat jalankan usaha ternak ikan cupang cukup besar. Contoh penghitungan berikut ini dapat memberi pendekatan deskripsi mengenai kekuatan keuntungan itu.

Bila kita dapat jual 10 ekor ikan cupang perhari, dimana harga per ekor ikan cupang sebesar 6 ribu rupiah, maka dari itu hitungannya ialah Rp.6000 x 10 ekor = Rp.60.000. Bila dikalikan, dalam satu bulan pemasaran bermakna Rp.60.000 x 30 hari = 1.800.000. Bila dikurangi pengeluaran bulanan, bermakna keseluruhan keuntungan yang didapat dalam satu bulan sebesar Rp.1.800.000 – 600.000 = Rp.1.200.000. Penting dipahami jika proses balik modal serta waktu pembiakan umumnya memerlukan waktu kira-kira semasa 3 bulan.

Demikian penjelasan tentang peluang bisnis ikan cupang rumahan yang menguntungkan yang bisa jadi hoby yang menghasilkan. Siapkah Anda menjadi pelaku bisnis rumahan? Mudah-mudahan bermanfaat.

Baca juga: Peluang bisnis budidaya ikan air tawar

Sumber: kumparan.com

Pencarian Populer:

Cupang brunei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *