Tipe Bisnis Berdasarkan Kegiatannya
Pembahasan Mengenai Definisi dan Tipe Bisnis Berdasarkan Kegiatannya

Mengetahui Pengertian dan Tipe Bisnis Berdasarkan Kegiatannya

Di tulisan ini kami akan mengajak para pembaca sekalian untuk mengetahui dan memahami tentang pengertian dan tipe bisnis berdasarkan kegiatannya. Yuk kita simak bahasannya di bawah ini.

Pahami Definisi dan Tipe Usaha Menurut Aktivitasnya

Semenjak jaman dulu, manusia harusnya penuhi keperluannya sendiri dan tidak bergantung sama orang lain. Orang jaman dulu biasa memburu atau beralih-pindah rumah supaya bisa penuhi tuntutan hidup mereka.

Berlainan dengan jaman saat ini, manusia tidak harus memburu untuk dapat penuhi tuntutan hidup. Orang dapat menghasilkan uang tanpa perlu berusaha susah payah ditangkap mangsa atau beralih-pindah rumah cuma untuk penuhi keperluan sandang dan pangan.

Usaha sebagai salah satunya usaha yang banyak dilaksanakan manusia di jaman kekinian. Lantas apa yang dikatakan sebagai usaha?

Diambil dari buku Bisnis dan Perencanaan Bisnis Baru karya Dian Masita Dewi dan Anis Wahdi (2020:1), usaha datang dari kata busy yang maknanya repot dan business memiliki arti aktivitas.

Hingga bisa disebutkan bila pemahaman usaha ialah serangkaian dalam jalankan investasi pada sumber daya yang bisa dilaksanakan secara perorangan atau barisan dalam penuhi keperluan setiap hari dan tingkatkan tingkat hidup dengan membuat barang atau jasa untuk memperoleh keuntungan atau keuntungan sebesarnya.

Baca Juga : Jelaskan Mengenai Bisnis dan Kewirausahaan di Indonesia

Diambil dari buku Pengantar Bisnis: Etika, Hukum & Bisnis Internasional karya Febrianty Febrianty DKK (2020), disaksikan dari aktivitasnya, type-tipe usaha dapat digolongkan seperti berikut.

1. Usaha Ekstraktif

Usaha ini terkait dengan pertambangan, yaitu usaha yang beraktivitas penggalian barang tambang yang berada di dalam perut bumi. Misalnya seperti batu bara, minyak bumi, emas, tembaga, dan sebagainya.

2. Usaha Agraris

Aktivitas usaha ini terjadi pada bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, dan perikanan.

3. Usaha Industri

Usaha tipe ini bergerak di sektor manufacturing. Misalnya industri, pesawat, kertas, mabel, tekstil, electronic, dan sebagainya.

4. Usaha Jasa

Tipe usaha ini produknya bukanlah barang maka tetapi sebuah usaha. Misalkan seperti pengajaran, perbankan, kesehatan, pariwisata, keseharan, dan lain-lain.

Nah, itu tadi pembahasan tentang pengertian dan tipe bisnis berdasarkan kegiatannya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. (SPN)

Simak Juga : Bagaimana Etika Bisnis Dapat Diterapkan Pada Suatu Perusahaan atau Organisasi? Berikan Contohnya.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

prinsip dasar asuransi konvensional adalah

Tinggalkan Balasan