Berapa Keuntungan Bisnis Ikan
credit: free license pixabay.com

Berapa Keuntungan Bisnis Ikan ?

Setiap individu yang ingin memulai bisnis budidaya dan ternak ikan pasti akan menanyakan berapa keuntungan bisnis ikan ini. Nah, kami akan membagikan penjelsan terkait hal ini. Mari kita simak. Bila Anda belum tau tips nya baca di sini: Tips cara memulai bisnis ikan.

Menakar Berapa Keuntungan Bisnis Ikan Berdasarkan Beberapa Faktor

Budidaya ikan biasanya melibatkan pemeliharaan berbagai hewan air, seperti ikan, moluska, udang, dll., Di lingkungan tertutup (seperti tangki air atau kolam). Saat ini, karena keseluruhan permintaan ikan dan produk ikan untuk daging dan produk daging baik untuk kesehatan, permintaan tersebut meningkat. Di satu sisi, ikan merupakan sumber protein dan lemak yang sangat sehat.

Budidaya ikan tidak diragukan lagi menguntungkan. Ini terutama benar ketika mereka menggunakan bahan-bahan yang murah tapi bergizi di ujung bawah rantai makanan. Kecuali beberapa ikan lainnya, semua ikan India dan Cina adalah herbivora, yang artinya lebih sedikit uang. Ini adalah kolam air tawar dan tempat tidur air. Jika kolam renang air laut, ada banyak ikan yang bisa dibudidayakan. Herbivora dan karnivora juga bisa tumbuh di sini.

Semua bisnis ini menguntungkan. Berapa banyak keuntungan yang didapat – tergantung pada banyak faktor, seperti biaya bibit, pakan, tenaga kerja yang digunakan selama pembibitan dan panen, pembekuan dan pengangkutan ke pasar.

Kurangi biaya pakan – buat pakan ikan sendiri

Bisnis ikan modal kecil untung besar dimulai dari memperhatikan masalah pakan. Faktanya adalah bahwa pakan merupakan biaya operasional utama dari sebagian besar budidaya ikan, terhitung 50-70% dari biaya variabel tergantung pada intensitas budidaya. Untuk hampir semua budidaya ikan besar atau menengah, memproduksi pelet pakan ikan saja lebih ekonomis dan efektif daripada membelinya dari pasar.

Membuat makanan ikan sendiri adalah cara yang bagus untuk memberikan pola makan yang sehat dan menyesuaikan makanan dengan kebutuhan makanan ikan yang tepat. Jenis ikan yang berbeda membutuhkan vitamin, nutrisi dan mineral yang sedikit berbeda. Artinya, Anda dapat menyesuaikan makanan untuk ikan tertentu.

Bagaimana industri budidaya ikan menghasilkan keuntungan?

Dapatkah meraih bisnis ikan yang menguntungkan? Sadarilah semua jenis budidaya ikan, pahami manfaat budidaya ikan, dan beri tahu kami keuntungan sebenarnya dari budidaya ikan.

Misalnya, seorang pembudidaya ikan membangun kolam dengan harga US $ 60.000 dan memperoleh 1.500 jenis ikan dengan harga masing-masing US $ 20. Dia mematangkannya dan menghabiskan rata-rata $ 250 masing-masing; kemudian, dia menjualnya masing-masing seharga $ 300 hingga $ 500. Itu adalah beberapa hal baik yang dia dapatkan di sana.

Satu hal yang harus Anda waspadai adalah bahwa di tahun pertama Anda membudidayakan ikan, apa pun jenis ikan yang Anda pelihara. Karena biaya pembangunan kolam, pengelolaan dan pemeliharaan air, dan biaya beberapa aset lain yang mungkin Anda keluarkan dari memulai bisnis ikan, Anda mungkin tidak benar-benar mendapat untung di tahun pertama.

Anda membutuhkan lebih dari dua siklus produksi ikan untuk mendapatkan keuntungan besar dari bisnis budidaya ikan.

Faktor yang mempengaruhi keuntungan Anda

Untuk mengevaluasi profitabilitas industri budidaya ikan, izinkan kami membuat daftar faktor-faktor yang dapat memengaruhi keuntungan Anda sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan dengannya saat Anda mulai bertani.

Pakan, air dan suhu, jenis kolam yang Anda gunakan, biaya pakan dan biaya lainnya dikurangi biaya penjualan semuanya akan mempengaruhi potensi keuntungan pertanian Anda setiap saat.

Pertimbangan lain termasuk lokasi pertanian, pertanian dekat pasar, permintaan dan pasokan, perayaan festival khusus, dll.

Risiko dan tantangan

  • Ikan sangat sensitif terhadap pengelolaan, dan kesalahan kecil dapat menyebabkan degradasi ikan atau bahkan kematian, yang dapat menyebabkan hilangnya pendapatan yang sangat besar.
  • Pembangunan tambak ikan membutuhkan banyak modal; jauh lebih banyak daripada peternakan unggas dan Turki. Peternakan ikan membutuhkan perencanaan yang lebih matang dan modal yang besar. Pembudidayaan ikan (keramba) yang relatif kecil mungkin membutuhkan 1 meter persegi untuk dibangun, sedangkan untuk budidaya ikan (keramba) yang lebih besar membutuhkan 8,5 meter persegi.
  • Akibat biaya produksi, biaya budidaya ikan lebih tinggi dibandingkan ikan di sungai dan tambak. Oleh karena itu, jika ada banyak ikan budidaya di pasaran, Anda mungkin kesulitan untuk menjualnya karena masyarakat lebih memilih ikan yang lebih murah.
  • Tidak seperti unggas, ia tidak memiliki produk sampingan dan bahkan dapat memanen kotoran dan menjualnya ke peternak lain untuk mendapatkan keuntungan tambahan. Dalam perikanan, daging diperoleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *