Tips Cara Memulai Bisnis Ikan
Sumber Gambar: Free License Pixabay.com

Tips Cara Memulai Bisnis Ikan

Apakah Anda tertarik dengan bisnis ternak ikan? Bisnis ikan modal kecil untung besar? Bilamana iya maka Anda harus membaca tentang tips cara memulai bisnis ikan dari Alobisnis.com berikut ini. Artikel ini akan berguna sebagai nasehat usaha gratis untuk Anda.

Langkah Memulai Bisnis Ikan

Apakah Anda berencana untuk memulai budidaya ikan skala kecil atau budidaya ikan komersial skala besar, ikuti 9 langkah berikut;

  1. Temukan lokasi yang bagus untuk pertanian Anda.
  2. Dapatkan sumber air yang baik.
  3. Pilih kolam ikan yang tepat.
  4. Pilih spesies ikan yang tepat untuk Anda.
  5. Dapatkan bibit atau bibit yang sehat.
  6. Pahami pakan dan pakan ikan.
  7. Mulailah menjual ikan sebelum tumbuh besar.
  8. Cerdas bisnis.
  9. Dapatkan pelatihan yang baik dan praktis dalam budidaya ikan.

Penjelasan Tips Cara Memulai Bisnis Ikan Yang Menguntungkan

Simak penjelasan di bawah ini dengan seksama. Pelajari hal-ha di bawah ini sehingga dapat memanajemen bisnis ikan modal kecil untung besar. Tanyakan pada kolom komentar bilamana ada bagian yang tidak paham.

1. Temukan posisi yang baik untuk industri budidaya ikan Anda.

Anda perlu memutuskan apakah akan menjalankan bisnis ikan dalam skala kecil atau perusahaan besar. Jika Anda ingin memulai budidaya ikan kecil, Anda dapat memutuskan untuk menggunakan tangki ikan dari halaman belakang, tetapi jika Anda ingin berukuran besar, Anda mungkin perlu membeli atau menyewa satu atau beberapa kolam ikan (kolam tanah atau kolam semen) di luar rumah.

2. Dapatkan sumber air yang baik untuk ikan

Seberapa penting air bagi ikan? Sama seperti oksigen penting bagi Anda. Menempatkannya di air yang keras akan memengaruhi pertumbuhan dan produktivitasnya (meskipun air yang “buruk” akan bervariasi, tergantung jenis ikan yang kita bicarakan. Beberapa ikan hidup di air yang kasar, sementara yang lain tidak).

Maksud saya, ikan Anda membutuhkan banyak air. Perhatikan juga bahwa apa yang kita anggap sebagai “air yang baik” bukanlah apa yang dianggap ikan sebagai air yang baik. Misalnya, kita bisa minum air yang diolah pemerintah, tetapi karena bahan kimia yang digunakan untuk mengolah air untuk konsumsi manusia, air ini mungkin beracun bagi ikan.

Besar kecilnya budidaya ikan yang Anda inginkan menentukan jumlah air yang dibutuhkan. Jika Anda adalah bisnis ikan kecil, sumur terdekat mungkin membuat Anda merasa nyaman. Namun, jika Anda memulai budidaya ikan sebagai perusahaan besar, Anda akan membutuhkan sumur atau lubang bor yang kokoh dan tangki penyimpanan air.

3. Pilih kolam ikan atau tangki air plastik yang cocok untuk tempat ikan.

Seperti Anda, ikan Anda membutuhkan tempat tinggal yang nyaman. Semakin alami kolam ikan, semakin nyaman, semakin baik untuk mereka. Ada dua sistem budidaya ikan yang populer … kolam atau kolam plastik halaman belakang.

Jika Anda baru memulai budidaya ikan (terutama budidaya skala kecil), tangki plastik mungkin bagus untuk Anda. Media skala kecil ini dapat membantu Anda membiasakan diri dengan sifat bisnis penangkapan ikan, dan kemudian memperluas pasar. Ukuran kolam ikan juga berbeda. Ukuran kolam ikan bervariasi, dan biayanya bervariasi tergantung pada lingkungan dan kebutuhan. apa yang harus kamu lakukan? pindah.

Kunjungi peternakan ikan di sekitar Anda. Kunjungi penjual pakan ikan. Kunjungi beberapa tukang batu berpengalaman. mengajukan pertanyaan. mengajukan pertanyaan. mengajukan pertanyaan. Alasan saya menyarankan Anda menggunakan pendekatan ini adalah karena orang-orang ini dekat dengan Anda, mereka akan memberi Anda nasihat terbaik yang akan berhasil untuk Anda di lingkungan itu.

4. Tentukan spesies ikan yang cocok untuk pembiakan

Ada ratusan spesies (jika tidak ribuan) dalam keluarga ikan. Artinya, sebagai calon pembudidaya ikan, Anda harus memutuskan spesies mana yang akan dipilih saat memulai bisnis budidaya ikan Anda sendiri. Banyak jenis ikan yang menarik seperti; penyakit kaki babi (Hypsurus caryi), babi hibrida Roche (Hterostichus rostratus), bubuk hitam (Hermosilla azurea), Arabidopsis setengah berbulu (Halcohoeres semicinctus), gymnosperm (Gymnocorymbus ternetzi), benang emas Krisan (Ginglymostoma cirratum), Galioto (cueotodo cuvier), Jack (Embiotoca jacksoni), Echeneis turtles, Ctenopoma acutirostre, Yellow Ch (Chromis viridis) adalah yang paling populer, Tetapi bug rom kecil Anda (Chromis viridis) adalah yang paling populer. Daerah.

5. Dapatkan ikan usia remaja yang sehat

Ikan juvenil adalah ikan kecil yang Anda butuhkan untuk tumbuh seukuran meja. Biasanya kita mengalami apa yang disebut burayak (Fry), yaitu masa perkembangan ikan kurang dari seminggu setelah tahap larva. Kita juga memiliki apa yang disebut spesies ikan, yaitu tahap perkembangan ikan setelah tahap penggorengan, yang berlangsung hingga tiga hingga empat bulan pertama kehidupan.

Kami juga berumur satu tahun, yang merupakan tahap perkembangan ikan setelah tahap fingerling dan berlangsung sampai sekitar satu tahun. Tahap perkembangan benih setelah fingerling inilah yang kita sebut dengan juvenile fish. Jika Anda baru memulai budidaya ikan, hal terbaik yang harus dilakukan adalah membeli ikan remaja, karena ini akan menyelamatkan Anda dari sakit kepala kematian massal akibat spesies tersebut.

Beberapa pembudidaya ikan mengkhususkan diri pada pembenihan benih dan menjual ikan muda. Pastikan Anda pergi ke tempat pembenihan ikan yang memiliki reputasi baik untuk menghindari ikan muda yang tidak sehat. Jangan membeli remaja yang tidak sehat.

6. Pilih pakan ikan yang tepat.

Tanaman dapat menggunakan sinar matahari dan nutrisi sederhana untuk menghasilkan bahan organik baru melalui fotosintesis. Hewan (yaitu ikan) tidak dapat melakukan ini. Karena itu, hewan perlu memakan bahan organik, seperti tumbuhan, hewan lain, atau makanan olahan yang mengandung tumbuhan atau hewan. Saat memberi makan ikan, seseorang harus memperhatikan kualitas dan kuantitas. Beri mereka makan dengan pakan ikan berkualitas tinggi. Pakan ikan ada tiga macam.

  • Pakan ikan alami. Ini secara alami ditemukan di kolam. Ini termasuk; puing-puing, bakteri, plankton, cacing, serangga, siput, tumbuhan air dan ikan (ya, jika Anda lapar, ikan akan memakan ikan).
  • Tambahan pakan ikan. Ini biasanya mencakup bahan-bahan lokal yang murah seperti tanaman tanah, limbah dapur atau produk sampingan pertanian. Pakan tambahan mungkin bagus, tetapi tidak cocok untuk pembudidaya ikan yang serius (kecuali dia memasukkan jenis pakan lain).
  • Makanan komplit. Ini adalah pakan ikan yang rumit. Mereka biasanya terdiri dari bahan dan nutrisi yang baik, dan dibuat oleh para ahli yang memahami resep sempurna untuk berbagai tahap ikan.

7. Berapa biaya untuk memberi makan ikan di Nigeria?

Anda tahu bahwa saya tidak dapat memberi tahu Anda apa yang ada di sekitar dan saat Anda membaca artikel ini. Ikuti saran saya di atas. pindah. Ajukan pertanyaan dan Anda akan belajar dari orang-orang di sekitar Anda yang mengetahui harga feed saat ini di kota dan wilayah Anda. Semua biaya dan bahan lainnya (segera dicantumkan) dapat diselesaikan di lingkungan Anda. Hapus pena dan kertas. Keluar dan ajukan pertanyaan, atau hubungi ahli perikanan kami untuk membantu Anda dengan proyek ikan Anda.

8. Mulailah menjual ikan sebelum ikan tumbuh besar.

Begitu banyak orang yang terlibat dalam bisnis budidaya ikan di Nigeria secara keliru percaya bahwa pasar sudah ada. ini tidak benar. Anda harus mulai menjual ikan sebelum spesies ikan tumbuh dewasa.

9. Rencanakan dengan hati-hati

Terlalu banyak calon pembudidaya ikan yang berpikir bahwa “ini hanya memberi makan dan menjual ikan.” Mereka salah! Budidaya ikan adalah sebuah bisnis, dan jika Anda ingin sukses dalam bisnis ini, Anda harus memperlakukannya sebagai bisnis yang serius.

Sekian informasi tentang panduan dan tips cara memulai bisnis ikan dari kami. Mudah-mudahan Anda berhasil menjalankan bisnis ikan yang menguntungkan. Semoga artikel ini memberikan inspirasi dan manfaat bagi para pembaca sekalian.

Sumber: theeducators.co

Pencarian Populer:

рыбак в тельняшке картинки для печати

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *