Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di HP dan Laptop
Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di HP dan Laptop

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di HP dan Laptop

Cara menggunakan aplikasi zoom di hp dan laptop – Pandemi virus corona yang menerpa dunia memaksakan beberapa orang untuk lakukan karantina diri beberapa waktu. Mengakibatkan, banyak kantor yang perlu ‘meliburkan’ pegawainya agar tak perlu tiba ke kantor kembali. Namun, tidak berarti beberapa pegawai dapat berlibur, mereka harus tetap bekerja dengan ide work from home (WFH) atau kerja di rumah.

Bukan hanya kantor dan perusahaan, banyak juga universitas yang liburkan mahasiswanya supaya belajar lewat cara online dari rumah saja. Sudah pasti diperlukan tehnologi pendukung untuk menolong mereka bekerja atau belajar dari rumah supaya mempermudah proses pengutaraan info.

Salah satunya sistem yang diaplikasikan dengan memakai program Zoom untuk lakukan pertemuan video jarak jauh. Sebetulnya tidak cuma Zoom saja yang dapat sediakan service video, tetapi Google Hangouts dan BlueJeans. Tetapi tetap, umumnya kantor dan universitas memakai Zoom supaya pemakai dapat memperoleh service video yang gratis.

Tips Memakai Zoom melalui PC dan Smartphone

Ditambah, Zoom menjadi satu diantara perintis yang secara cepat langsung sediakan pertemuan video jarak jauh sepanjang COVID-19 menerpa dunia. Masih bimbang langkah memakainya? Lumrah sich bila kamu asing dengan program ini. Berikut cara-cara memakai program Zoom di PC atau lewat handphone!

1. Membuka Zoom lewat browser

Merilis Business Insider, langkah termudah dan terenak untuk memakai service video program Zoom ialah lewat browser PC. Selekasnya membuka browser opsimu dan datangi web dari Zoom.

Selanjutnya, sama seperti seperti saat kamu memakai Gmail, Twitter, Facebook, dan sebagainya untuk pertamanya kali, kamu harus membuat account Zoom lebih dulu. Sesudah membuat account, langsung login dan click ‘My Account’ untuk menyaksikan akunmu dengan detil.

2. Dapat mengagendakan, tergabung, dan pimpin rapat

Saat telah lakukan proses login, kamu akan mendapati tiga opsi di teratas monitor, yaitu ‘schedule’ (mengagendakan), ‘join’ (tergabung), dan ‘host’ (pimpin) rapat di Zoom. Pilih sama sesuai keperluan kamu, bila belum ingin melakukan rapat saat ini, click ‘schedule’. Jika ingin selekasnya tergabung dengan pertemuan yang telah ada, tentukan ‘join’.

Khusus ‘join’ untuk tergabung ke rapat, kamu tidak dapat sembarangan masuk. Kamu harus mempunyai ‘Meeting ID’ atau sebuah nama supaya bisa tergabung ke meeting virtual itu. Berlainan dengan ‘host’ di mana kamu sebagai tuan-rumah alias pimpin rapat hingga kamu lah yang membuat ‘room’-nya.

3. Ganti profile

Di samping kiri, kamu akan mendapati beberapa pilihan, terhitung yang terpenting yakni ‘Profile’. Disini kamu bisa mengganti gambar profile kamu, mengubah e-mail, mengganti password (sandid), dan mengubah lain pada bagian penataan profile ini.

Disamping itu, pada bagian bawah monitor kamu akan mendapati pilihan untuk lakukan log out account Zoom kamu. Bukan hanya me-logout account Zoom di PC, kamu bisa juga sekalian me-logout account Zoom di ponsel kamu.

4. Feature lain seperti seminar-onlines dan recordings

Bukan hanya pilihan ‘Profile’, di samping kiri kamu akan mendapati pilihan lain seperti ‘Webinars’ dan ‘Recordings’. Sayang, feature seminar-onlines cuman dapat diaktifkan bila kamu bayar account, sedang cara yang kamu turuti sejak dari awalnya ialah account Zoom gratis.

Untuk ‘Recordings’ atau rekaman, kamu dapat aktifkan dengan gratis. Saat kamu aktifkan feature ini, tidak cuma kamu saja yang rekamannya jadi aktif, tetapi simpatisan yang lain bergabung ke meeting virtual.

5. Up-grade account jika tertarik memakai Zoom selanjutnya

Kamu akan mendapati penataan selanjutnya pada bagian bawah panel kiri, terhitung mengurus pemakai dan room. Kamu dapat meng-upgrade account di bawah ‘Billing’, atau mengurus info pembayaran kamu bila sudah lakukan up-grade account ke Pro, Business, atau Enterprise.

6. Membuka Zoom di program desktop

Cara dan feature barusan sebagai untuk Zoom yang dapat kamu akses langsung lewat browser. Beda hal dengan program Zoom yang kamu unduh di desktop. Jika memakai Zoom di program, kamu akan mendapati segala hal lebih terorganisir. Berikut sejumlah featurenya intinya, yakni ‘Home’, ‘Chat’, ‘Meetings’, dan ‘Contacts’.

Apa yang berada di menu ‘Home’?

  • Di menu home, kamu mempunyai beragam pilihan untuk mengawali rapat baru, tergabung dengan panggilan yang telah ada sekarang ini, mengagendakan acara mencatatng;
  • Bila kamu mempunyai pertemuan yang telah terencana untuk ini hari, kamu akan mendapatinya di daftar contreng di samping kanan;
  • Kamu dapat mengeklik profile kamu di pojok atas kanan kapan pun. Ini akan buka menu dropdown untuk membikin beberapa peralihan cepat, seperti mengganti photo profile.

Apa yang berada di menu ‘Chat’?

  • Tab ‘Chat’ sediakan tiap pembicaraan yang kamu kerjakan secara seseorang di Zoom kamu;
  • Seperti WhatsApp, kamu bisa memberikan bintang atau mengidentifikasi ‘favorit’ pada pembicaraan untuk mempermudah akses dalam mencari pembicaraan terbaru kamu;
  • Tiap file yang dibagi antara pembicaraan akan ada pada bagian ‘File’.

Apa yang berada di menu ‘Meetings’?

  • Tab ‘Meetings’ memperlihatkan rangkuman rapat mendatang, yang diadakan berdasar tanggal;
  • Kamu dapat berpindah di antara rapat mendatang atau click pertanda plus untuk mengagendakan pertemuan yang baru;
  • Click pada tatap muka yang telah ada awalnya untuk menyaksikan pilihan supaya kamu dapat mengawalinya lebih cepat, copy undangan, mengubah, atau menghapusinya.

Apa yang berada di menu ‘Contacts’?

  • Paling akhir, tab ‘Contacts’ untuk menyaksikan mitra dan rekan sekelas yang kamu save ke Zoom;
  • Click pertanda plus untuk menambah contact baru.

7. Bagaimana Penggunaan di PC

Untuk kamu yang tidak punyai PC, masih tetap tenang. Masalahnya ponsel kamu bisa juga dipakai untuk mengimplementasikan Zoom agar masih tetap dapat WFH secara lancar. Perbedaannya dengan di PC, Zoom di ponsel lebih simpel. Apa lagi tab intinya (Meet dan Chat, Meetings, Kontaks, dan Settings) ditempatkan di bawah.

Apa yang berada di menu ‘Meet dan Chat’?

  • ‘Meet dan Chat’ sebagai kombinasi dari tab ‘Home’ dan ‘Chat’ yang berada di Zoom desktop;
  • Pilihan khusus ada pada bagian atas, seperti New Rapat, Gabung, Skedul, dan Sharing Screen;
  • Di bawah, kamu akan menyaksikan kisah panggilan dan percakapan terbaru;
  • Dapat menyaksikan percakapan dengan contact Zoom kamu atau untuk terima permintaan;
  • Kamu dapat mengetok icon bintang di pojok atas kiri untuk menyaksikan favorite kamu atau icon pensil di pojok atas kanan untuk membikin pesan baru.

Apa yang berada di menu ‘Meetings’?

  • ‘Meetings’ memperlihatkan apapun saja pertemuan yang mencatatng;
  • Kamu dapat mengawali panggilan, mengirimi undangan, atau mengubah rapat sekarang ini pada bagian atas halaman;
  • ‘Personal Rapat ID’ kamu ialah code untuk mengawali tatap muka individual;
  • Tentukan rapat mendatang untuk menyaksikan detilnya atau hapus seluruhnya;
  • Click rapat dan kamu akan mendapati pilihan untuk menambah undangan dan mengirimi undangan ke contact lain lewat e-mail atau pesan text.

Apa yang berada di menu ‘Contacts’?

  • ‘Contacts’ kelihatan benar-benar serupa dengan versus desktop dan ada daftar favorite kamu yang ada bintangnya;
  • Mencari contact pada bagian atas halaman jika ingin cari seorang;
  • Click lambang plus di pojok atas kanan untuk buka menu pop-up untuk menambah contact, membuat aliran baru, atau tergabung dengan aliran khalayak.

Apa yang berada di menu ‘Settings’?

  • Paling akhir, akses ‘Settings’ untuk mengubah pada account Zoom;
  • Penataan Zoom kamu ditata oleh Meetings, Kontaks, Chat, dan General;
  • Kamu dapat menambah Shortcut Siri;
  • Untuk mengubah pada profile kamu, click nama kamu pada bagian atas monitor. Di sana lah tempat kamu bisa mengganti photo profile, tampilkan nama, atau mengupdate password kamu;
  • Menu ‘Settings’ jadi tempat untuk lakukan sign-out dari program Zoom.

Baca juga: Tipe Ransomware Yang Bisa Membahayakan dan Mengekripsi Data Komputer

Itu langkah-langkah gampang dan beberapa hal yang penting kamu ketahui dari pemakaian Zoom, baik di PC atau ponsel. Bagaimana, sudah tidak kebingungan kembali kan?

Simak juga: Cara Merubah Format JPG Ke PNG di Android

Pencarian Populer:

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi ZoomCara Menggunakan Aplikasi Zoom Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Agar Ada Suara Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Android Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Bagi Peserta Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Berbayar Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Di Android Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Dengan Aman Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Di Android Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Di Hp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *