BMKG ingatkan potensi hujan lebat disertai angin di beberapa wilayah

BMKG ingatkan potensi hujan lebat disertai angin di beberapa wilayah

Berita ini menjalani penyusunan berdasarkan informasi dari Antaranews.com. Silahkan menikmati sajian berita dan informasi dari kami!!!

Jakarta (Antara) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan ada kemungkinan hujan lebat disertai angin kencang dan petir di beberapa wilayah Indonesia, seperti Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi saat ini.

Berdasarkan informasi dari situs BMKG yang dikutip di Jakarta, Kamis, terlihat adanya rotasi siklon di wilayah barat Papua dan di perairan Filipina bagian timur yang membentuk wilayah konvergensi atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang meluas hingga ke Maluku, Papua Barat dan Papua Barat. Papua. .

Daerah konvergensi lainnya terlihat mulai dari Sumatera Utara hingga Aceh, dari Lampung dan Pinkolo hingga Sumatera Barat, di NTT Timur, dari Kalimantan Barat hingga Selat Karimata, di Kalimantan Timur, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dan di Kalimantan Selatan.

Baca juga: BMKG menyebutkan panas terik di Tanjungpinang disebabkan oleh penurunan tutupan awan

Zona konvergensi angin juga terlihat di sepanjang pantai barat Sumatera Utara, Selat Malaka, dan di perairan utara Papua.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi tumbuhnya awan hujan di sekitar zona sirkulasi badai serta di sepanjang area konferensi dan konferensi.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprediksikan wilayah dengan kemungkinan hujan lebat disertai angin kencang dan kilat: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Binkolo, Gambi, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Gorontalo Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah. , Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.

Selain itu, Banten, Jawa Barat, dan Kalimantan Selatan juga berpotensi terkena hujan.

Ada banyak daerah yang masuk dalam kategori waspada risiko banjir dan banjir akibat hujan lebat, seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, dan Papua Barat.

Baca juga: BMKG Bogor: Tahun Hujan 2021, Kekeringan Singkatnya

Biwarta: Presca Treverna Violetta
Editor: Triono Subagyo
Hak Cipta © Antara 2021

Sumber: rss feed Antara News
Cari informasi dan Berita Hari Ini lainnya di blog ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *