pengertian dan ruang lingkup manajemen keuangan serta fungsinya
pengertian dan ruang lingkup manajemen keuangan serta fungsinya. Sumber gambar: mohamed Hassan dari Pixabay Free License

Pengertian dan Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Pada artikel ini kami akan menjelaskan secara singkat tentang dua hal yaitu pengertian dan ruang lingkup manajemen keuangan serta fungsinya.

Pengertian Manajemen Keuangan

Apa yang dimaksud dengan manajemen keuangan? Management Keuangan ialah semua aktivitas atau aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan mendapatkan, memakai, dan mengurus keuangan perusahaan.

Management keuangan ialah aktivitas management yang mempunyai suatu tujuan untuk mengurus dana dan asset yang dipunyai oleh perusahaan untuk dipakai pada beberapa hal atau aktivitas yang menolong capai arah khusus perusahaan, yakni keuntungan atau laba.

Dalam sebuah perusahaan atau usaha, management keuangan mempunyai 3 aktivitas khusus yang dilaksanakan oleh manager keuangan, yakni:

  • Pemerolehan dana
  • Aktivitas pemakaian dana
  • Management asset

Ke-3 ini berkaitan dengan sumber permodalan intern dan external perusahaan. Modal kerja dan pemilikan saham termasuk juga dalam pekerjaan management keuangan.

Ruangan Lingkup Manajemen Keuangan

Seperti sudah diterangkan dalam soal management keuangan di atas sebagai usaha untuk mengurus asset perusahaan, karena itu management ini mempunyai ruangan cakupan khusus yang perlu dimengerti dengan seorang manager terhitung:

1. Keputusan Permodalan

ni meliputi semua peraturan yang terkait dengan memperoleh dana seperti peraturan untuk mengeluarkan obligasi atau peraturan untuk mendapati hutang periode pendek dan periode panjang.

Dana yang diartikan bisa mengambil sumber dari sumber intern dan external perusahaan.

2. Keputusan Investasi

Semua berkaitan dengan pembangunan peraturan untuk investasi seperti asset masih atau fixed assets.

Modal dapat berbentuk tanah, bangunan atau infrastruktur, terhitung mesin produksi. Investasi bisa juga berbentuk asset keuangan seperti surat bernilai, saham dan obligasi.

3. Keputusan Management Asset

Peraturan yang terkait dengan management asset secara efektif untuk capai arah perusahaan.

Fungsi Management Keuangan

Keuangan ialah elemen yang paling beresiko untuk usaha atau perusahaan. Keuangan perlu diatur dan dikontrol secara benar oleh manager keuangan. Ini berkaitan dengan kekuatan perusahaan untuk bertahan di dalam bidang keuangan.

Berikut ialah fungsi-fungsi management keuangan:

1. Rencana Keuangan dan Bujet (Anggaraning)

Semua aktivitas perusahaan berkaitan pemakaian dana bujet perusahaan perlu diperkirakan secara baik. Supaya aktivitas tidak memberikan keuntungan, bujet dapat dipotong atau dipotong.

Peruntukan dana perlu diperhitungkan untuk beberapa hal yang dapat mengoptimalkan keuntungan perusahaan.

2. Pengaturan (Controlling)

Tiap aktivitas yang sudah dilaksanakan memerlukan penilaian keuangan. Hingga menjadi rujukan untuk lakukan aktivitas seterusnya.

3. Pengecekan (Auditing)

Audit intern berkaitan keuangan perlu dilaksanakan supaya sesuai ketentuan standard akuntansi dan tidak ada penyelewengan.

4. Laporan (Reporting)

Dengan management keuangan, tiap tahun bakal ada laporan keuangan yang bermanfaat untuk menganalisa rasio laporan keuntungan rugi perusahaan.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai pengertian dan ruang lingkup manajemen keuangan serta fungsinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *