Besaran Biaya Balik Nama Mobil Serta Langkahnya
Besaran Biaya Balik Nama Mobil Serta Langkahnya. Sumber gambar: Capri23auto from Pixabay Free License

Besaran Biaya Balik Nama Mobil Serta Langkahnya

Nilai besaran biaya balik nama mobil serta langkahnya yang harus ditempuh. Beberapa orang yang bertanya berapakah ongkos balik nama mobil dan apa beberapa langkah yang perlu dilaksanakan. Karena itu Bila Anda adalah orang yang masih belum ketahui hal penggantian pemilikan dari sebuah kendaraan, karena itu baca artikel ini sampai usai.

Saat Anda beli sebuah mobil sisa hal pertama kali yang harus dilaksanakan tentu saja ialah lakukan balik nama. Ini mempunyai tujuan untuk memudahkan Anda saat akan isi pajak kendaraan. Jika ini tidak diurusi dari saat ini dapat membuat Anda kesusahan saat akan isi pajak.

Persyaratan untuk isi pajak ialah KTP asli, STNK dan BPKB asli atas nama sendiri. Apa yang terjadi bila BPKB bukan atas nama sendiri, karena itu Anda haru lebih dulu pinjam KTP dari pemilik mobil awalnya. Supaya lebih pahami bagaimanakah cara balik nama kendaraan mobil, berikut penjelasannya.

Langkah-Langkah yang Harus Dilaksanakan Saat Balik Nama Kendaraan

Saat Anda akan ke SAMSAT untuk mengurusi proses balik nama ada syarat yang perlu dipersiapkan. Syarat ini ibarat foto copy KTP asli pemilik awalnya, BPKB dan STNK asli, kuitansi pembelian, dan paling akhir ialah hasil check fisik kendaraan.

Sesudah mempersiapkan semua syarat setelah itu masuk di proses penggantian pemilikan dari STNK dan BPKB. Untuk cara-caranya termasuk gampang, berikut apa yang perlu Anda kerjakan saat akan menukar pemilikan pada beberapa surat kendaraan.

  1. Pengecekan fisik.
  2. Pengisian formulir.
  3. Serahkan semua syarat pada petugas SAMSAT.
  4. Menunggu seputar 5 hari kerja.
  5. Pembayaran.

Perincian Ongkos untuk Balik Nama Kendaraan Mobil

Ongkos untuk penggantian pemilikan kendaraan ini sesungguhnya bermacam bergantung dengan merk atau type dari kendaraan Anda atau dari pajak mobil itu. Tetapi, biasanya di bawah ini dana yang perlu dikeluarkan untuk proses balik nama kendaraan.

Prediksi ongkos yang penting dikeluarkan:

  • Registrasi : Rp. 100.000.
  • BBN KB 1% dari harga mobil : Harga Mobil 200 Juta karena itu BBN KB seputar 2 juta.
  • Penggantian STNK baru : Rp. 200.000.
  • Penggantian BPKB baru : Rp. 375.000.
  • Ongkos mutasi : Rp. 250.000.
  • Total : Rp. 2.925.000.

Ongkos di atas bisa berlainan dengan ongkos yang bakal Anda keluarkannya saat lakukan proses penggantian pemilikan kendaraan beroda 4. Supaya semakin aman dan tak perlu bulak balik siapkan dana lebih buat ongkos balik nama mobil. (rim redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *