Tahapan Pendaftaran CPNS 2021 Untuk Lulusan SMA dan SMK
Sumber gambar: Alobisnis.com

Tahapan Pendaftaran CPNS 2021 Untuk Lulusan SMA dan SMK

Informasi Pendaftaran CPNS 2021 Untuk Lulusan SMA SMK. Syarat daftar CPNS 2021 lulusan SMK, formasi CPNS 2021 2022 lulusan SMA SMK. Pemerintahan Indonesia akan buka kembali peluang kerja 1 juta dari formasi CPNS. Kabarnya pembukaan proses pendaftaran dilakukan pada Bulan Maret 2021. Selain itu, telah dipublikasikan juga bahwa bakal ada 1 juta kursi untuk Calon ASN atau PPPK tahun 2021.

Bagi Anda yang merupakan alumnus SMA SMK tentu saja ingin juga untuk ikut dalam penyeleksian pendaftaran penerimaan CPNS 2021. Bila ya maka Anda harus simak informasi ini. Mengapa? Oleh karena dengan persiapan yang matang tentunya akan meningkatkan peluang kelulusan.

Berikut Tahapan Pendaftaran CPNS 2021 Untuk Lulusan SMA dan SMK

Bagi tamatan SMA, SMK, dan sederajat proses pendaftaran akan melewati tahapan sebagaimana dijelaskan di bawah ini, yaitu:

1. Tahapan Seleksi Administrasi

Pada bagian ini, pendaftar akan dinilai berdasarkan kelengkapan arsip dokumen yang telah dijadikan persyaratan. Bila berkas dan arsip dokumen yang Anda kumpulkan lengkap maka Anda akan lulus dalam tahapan ini. Tahapan ini tergolong mudah asalkan memang berkasnya ada dan lengkap serta tidak ada tipu-tipu. Setelah dinyatakan lulus dalam tahapan ini maka Anda akan memasuki tahapan selanjutnya yaitu seleksi kemampuan dasar (SKD)

2. Tahapan SKD

Dalam penyeleksian tahapan ke-2 dikenal dengan ujian seleksi kemampuan dasar (SKD). Ini adalah bentuk ujian yang bertujuan untuk menilai bagaimana tingkat intelegensia umum, wawasan kebangsaan, dan kepribadian Anda. Metode ujiannya adalah dengan memakai sistem komputer atau Computer Assisted Test (CAT)

Silahkan belajar dengan giat untuk dapat lulus dalam tahapan ini. Bobot nilai dari ujian SKD ini adalah sebesar 40 persen. Bilamana Anda melewati tahapan ini dengan nilai lebih dari passing grade maka kemungkinan Anda akan memasuki tahapan selanjutnya.

Mengapa disebutkan kemungkinan? Oleh karena, untuk lulus Anda harus masuk dalam daftar orang dengan nilai tertinggi SKD. Dalam daftar ini, terdapat nama-nama orang sebanyak 3 kali kuota formasi CPNS yang Anda pilih.

Baca juga: Passing Grade Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS Tahun 2021

3. Tahapan Ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Hampir serupa dengan tamatan D3 dan S1, alumnus SMA, SMK dan yang sederajat akan mengikuti seleksi berikutnya, yaitu:

  • Ujian ketrampilan, seperti praktek kerja komputer;
  • Test kesehatan, bila tidak memenuhi syarat akan dinyatakan gugur;
  • Test interviu. Bobot ujian ini adalah sebesar 40 persen;
  • Test psikotes (bersifat relatif);

Keseluruhan nilai dari ujian SKB ini akan diakumulasikan. Dari total akumulai nilai ini akan diambil sebanyak 40 persen untuk dijumlahkan dengan 40% dari SKD.

4. Tahapan Pemberkasan Dokumen

Seluruh arsip dokumen yang telah di-upload sebelumnya di masa awal registrasi akan diverifikasi kembali oleh pantitian seleksi nasional (panselnas).

5. Saran dan Penentuan Nomor Induk Pegawai (NIP)

Bagi yang telah dinayatakan lulus hingga step akhir pemberkasan ini, maka diusulkan penentuan NIP CPNS nya.

Nah, itu tadi pembahasan dan ulasan mengenai Tahapan Pendaftaran CPNS 2021 Untuk Lulusan SMA dan SMK. Selanjutnya kita akan membahas tentang syarat dan persyaratan untuk pendaftarannya. Untuk hal ini silahkan baca pada tautan ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *