Cara Melaporkan Penipuan Online Agar Uang Kembali
Cara Melaporkan Penipuan Online Agar Uang Kembali. Sumber gambar: alobisnis.com

Cara Melaporkan Penipuan Online Agar Uang Kembali

Pada artikel ini kami akan bagikan informasi mengenai langkah cara melaporkan penipuan online agar uang kembali melalui pemeriksaan nomor rekeningnya. Mudah-mudahan ini adalah info berharga karena banyak sekali korban penipuan online akhir-akhir ini.

Berbagai macam tindakan penipuan kelihatannya menjadi rutinitas yang ramai di sosial media. Kehadiran sosial media seakan sudah jadi satu kesempatan untuk beberapa penipu sebagai sarana dan tempat melakukan penipuannya. Tehnik menipu yang dipakai telah makin hebat dan berani, bahkan juga mengaku-ngaku sebagai anggota kepolisian.

Perubahan sistem berbelanja online lewat basis sosial media seakan menyuburkan praktek penipuan yang berlangsung akhir-akhir ini. Pasti Anda akan kecewa bukan, bila habis mengorder satu barang dari online shop tetapi barang itu tidak juga tiba. Selain duit menghilang, tentunya ini menimbulkan pergolakan emosional pasti juga akan dirasa.

Karena itu, sekarang ini tersedia banyak bantuan dan tips langkah memberikan laporan penipuan online secara mudah dan cepat. Dan, sebaiknya saat sebelum lakukan transaksi bisnis online apa saja, check dengan jeli keaslian nomor rekening yang diberi.

5 Cara Melaporkan Penipuan Online Agar Uang Kembali

Untuk Anda yang barusan tertipu secara online, tidak boleh cemas terlalu berlebih dan selekasnya saja turuti cara-cara memberikan laporan penipuan online berikut ini pada pihak kepolisian:

1. Cara Laporkan Penipuan Online dengan Cekrekening.id

Langkah membuat laporan penipuan online yang pertama dengan memeriksa nomor rekening yang diberi untuk transaksi bisnis lewat situs www.cekrekening.id. Ini mempunyai tujuan untuk cari tahu apa penjual tempat Anda beli barang ialah penjual yang paling dipercaya atau mungkin tidak. Langkah ini adalah cara protektif yang paling efisien yang bisa Anda kerjakan buat menghindarkan diri dari kerugian keuangan.

Situs www.cekrekening.id ini adalah punya Kementrian Komunikasi dan Informatika RI dan mempunyai tujuan untuk menolong konsumen lakukan pengujian saat sebelum berbisnis online. Anda akan mengenali apa nomor rekening itu mempunyai riwayat laporan berkaitan masalah penipuan.

Berikut ini cara mengetahui riwayat penipuan dari suatu nomor rekening.

  1. Tentukan nama bank.
  2. Masukan nomor rekening penjual online yang ingin diketahui.
  3. Silahkan klarifikasi mengajukan pengujian dengan menyentang re-captcha.
  4. Click pilihan “Periksa Rekening”.
  5. Penampilan info berkaitan rekening akan tampil.

2. Cara Membuat Laporan Penipuan Online Menggunakan Lapor.go.id

Langkah memberikan laporan penipuan online yang berikutnya dengan memakai situs www.lapor.go.id. Ini adalah situs yang dibangun oleh Kantor Staff Presiden untuk pelayanan aspirasi dan aduan online rakyat. Situs ini diatur oleh Kementrian Pendayagunaan Aparat Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementrian PANRB).

Saat alami penipuan, Anda dapat lakukan laporan masalah itu dengan membuat aduan lewat formulir aduan yang ada situs ini. Step laporan terbagi dalam menulis laporan, proses klarifikasi, proses tindak lanjut, dan pemberian respon.

Berikut langkah memberikan laporan penipuan online lewat situs www.lapor.go.id:

  1. Tentukan kelompok laporan, yaitu “Pengaduan”
  2. Isikan judul pelaporan
  3. Tulis detail peristiwa penipuan, mencakup nama account penipu, jumlah rugi yang dialami, dan info yang lain selengkapnya
  4. Tentukan tanggal peristiwa penipuan terjadi
  5. Tentukan posisi peristiwa penipuan terjadi
  6. Tentukan lembaga (kementrian atau Pemprov) tujuan yang berhubungan laporan Anda
  7. Tentukan kelompok “Tindak Pidana” pada kelompok “Situasi Khusus”
  8. Unggah lampiran jikalau ada tambahan lampiran. Maksimal file lampiran ialah 2 MB.
  9. Tentukan kelompok pengadu
  10. Pilih LAPOR!
  11. Isi data diri, sepakati persyaratan dan ketetapan pelayanan, lalu pengajuan laporanmu selesai.

3. Tutorial Langkah Melaporkan Penipuan Online Memanfaatkan Layanan.kominfo.go.id

Langkah memberikan laporan penipuan online yang selanjutnya yaitu dengan cara masukkan laporan lewat situs layanan.kominfo.go.id. Ada saatnya, saat sebelum ditipu Anda sudah rasakan firasat yang kurang menyenangkan mengenai transaksi bisnis yang akan dikerjakan. Atau, bisa mendadak terima telephone atau SMS yang berisi beberapa pesan spam dan penipuan yang mengusik.

Penyimpangan layanan telekomunikasi berbentuk panggilan dan/atau pesan yang memiliki sifat mengusik dan/atau mungkin tidak diinginkan (spam call and/or message) yang ditandai selaku penipuan dapat disampaikan ke pemerintahan Indonesia untuk dilakukan tindakan. Mencuplik dari situs layanan.kominfo.go.id, di bawah ini ialah prosedur dan tahapannya:

  1. Konsumen setia yang terima panggilan dan/atau pesan yang tidak diinginkan, seterusnya disebut sebagai Pelapor, disuruh untuk merekam pembicaraan dan/atau memotret (capture) pesan, dan nomor handphone pemanggil dan/atau pengirim pesan.
  2. Pelapor buka situs layanan.kominfo.go.id dan pilihlah menu ADUAN BRTI.
  3. Pelapor diharuskan untuk isi daftar isian berbentuk identitas Pelapor, yakni nama, alamat e-mail dan nomor handphone. Pelapor disuruh untuk pilih Aduan pada kolom Pengaduan atau Informasi, selanjutnya menulis isi pengaduannya. Kemudian Pelapor mengeklik pilihan “MULAI CHAT”.
  4. Pelapor akan dilayani oleh Petugas Help Desk dan disuruh untuk menyertakan bukti rekaman pembicaraan dan/atau photo pesan yang ditandai penipuan.
  5. Petugas Help Desk lakukan klarifikasi dan riset pembicaraan dan/atau pesan yang sudah dikirimkan.
  6. Petugas Help Desk membuat ticket laporan ke dalam mekanisme SMART PPI dan menyampaikan pesan pemberitahuan berbentuk e-mail ke pelaksana layanan telekomunikasi berkaitan yang minta supaya nomor handphone (MSISDN) pemanggil dan/atau pengirim pesan dikunci atau dilakukan pemblokiran.
  7. Pelaksana layanan telekomunikasi membuka dan tindak lanjuti laporan yang ada dalam mekanisme SMART PPI dengan lakukan blokir nomor handphone (MSISDN) pemanggil dan/atau pengirim pesan yang diindikasi penipuan dalam kurun waktu 1 X 24 jam.
  8. Pelaksana layanan telekomunikasi harus memberi pemberitahuan ke BRTI berkaitan aduan konsumen setia yang sudah dilakukan tindakan atau dituntaskan ke mekanisme SMART PPI.
  9. Dalam soal berlangsung blokiran pada nomor handphone (MSISDN) yang tidak berkaitan dengan penipuan, penutupan nomor handphone (MSISDN) pemanggil dan/atau pengirim pesan bisa dibuka sesudah ada verifikasi dan/atau klarifikasi yang bisa dipertanggungjawabkan yang dikatakan ke BRTI sesuai ketetapan ketentuan perundang-undangan.

4. Cara Membuat Laporan Penipuan Online dengan Cara Blokir Rekening Bank

Langkah memberikan laporan penipuan online yang keempat dengan lakukan menutup rekening bank sang penipu. Anda bisa menghubungi nomor layanan pelanggan (CS) bank yang dipakai sang penipu atau tiba langsung ke kantor cabang bank itu untuk membuat laporan.

Di situ, petugas customer service bank akan memberikan bantuan kepada Anda mengolah laporan penipuan ini dan mengeksekusi tindak lanjut. Bila jumlah laporan yang diperuntukkan pada rekening bank itu banyak atau Anda mempunyai bukti nyata penipuan, karena itu bank mempunyai kuasa untuk melakukan blokir nomor rekening dan melaporkan ke pihak polisi.

5. Langkah Pelaporan Penipuan Online dengan Menggunakan Kredibel.go.id

Langkah memberikan laporan penipuan online yang terakhir ialah dengan memakai situs yang beralamat di kredibel.go.id. Situs inisanggup menolong Anda mengenali online shop yang mempunyai potensi menipu dengan menyaksikan rekam tapak jejaknya dan mencari kisah si penjual berdasar penilaian dari para pelanggan.

Di bawah ini ialah langkah memberikan laporan penipuan onlinenya:

  1. Membuka halaman laporan masalah penipuan di situs www.kredibel.co.id/report
  2. Log in dengan menggunakan akun facebook atau google
  3. Tentukan jenis laporan
  4. Isi formulir laporan penipuan
  5. Click tombol “Kirim Laporan”.

Nah, itu tadi informasi tentang Cara Melaporkan Penipuan Online Agar Uang Kembali. Silahkan dicobakan salah satunya. Mudah-mudahan bermanfaat dan pembaca terhindar dari segala upaya penipuan online.

Sumber: merdeka.com

Baca juga: Uang Rupiah Yang Tidak Berlaku 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *