Kapan Uang PKH Cair 2021
Kapan Uang PKH Cair 2021? Sumber gambar: alobisnis.com

Kapan Uang PKH Cair 2021?

Kapan sebenarnya uang PKH cair pada tahun 2021? Apakah Anda penasaran? Oleh sebab itu silahkan simak paparan dan penjelasannya pada artikel kali ini.

Sebenarnya ada 6 jenis bantuan pemerintah yang diperpanjang. Masa sih Anda gak dapat salah satunya? Silahkan simak informasi 6 jenis bantuan tersebut pada tautan ini: 6 Bansos dan BLT Ini Diperpanjang Sampai 2021, Buruan Daftar!

Pemerintahan Indonesia sudah mengeluarkan pengumuman bahwasanya Program Keluarga Harapan (PKH) masih bersambung pada tahun 2021.

PKH 2021 adalah program bantuan sosial yang diberi oleh pemerintahan untuk menolong warga yang terimbas COVID-19. Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan dana PKH 2021 akan cair pada 4 Januari 2021.

Pendistribusiannya akan dikerjakan oleh bank himbara. Apa itu bank himbara? Ini adalah singkatan dari himpunan beberapa bank pemerintahan).

Menurut Risma, pemakaian dana PKH 2021 dikhususkan untuk ibu dalam kondisi hamil, anak usia dini, anak dalam masa sekolah, penyandang disabilitas, dan kelompok lansia.

Dana akan diberi awal bulan Januari, sepanjang setiap 3 bulan sekali. Tahapan pertama Bulan Januari, tahapan ke-2 Bulan April, tahapan ke-3 Bulan Juli, dan tahapan terakhir pada Bulan Oktober.

Selain itu, Bantuan Sosial Tunai (BST) ditarget akan diterima oleh 10 juta yang menerima manfaat di semua wilayah Indonesia. Terhitung dari Jabodetabek yang pendistribusiannya akan dikerjakan oleh PT Pos Indonesia. Index bantuan per bulannya yaitu sebeasar 300 ribu rupiah per yang menerima manfaat yang akan diberi secara berkala yaitu sepanjang empat bulan dari Bulan Januari sampai Bulan April.

“PT Pos akan salurkannya lebih kurang mulai dari 4 Januari. Kita mengharapkan 1 minggu itu dapat selesai di semua wilayah Indonesia. Namun, kondisi khusus pada wilayah Papua, dimana mekanismenya akan berbeda,” tutur Risma waktu temu dengan pers secara virtual di Kantor Presiden, Selasa (29/12/2020) kemarin.

Bahkan juga Risma memperjelas, pihak Kemensos akan membuat selebaran dan mengawasi pemakaian bantuan sosial itu.

“Kami akan awasi sebab insyaallah bulan Februari kami akan mempersiapkan alat buat kami akan memahami bahwa uang itu dibelanjakan buat apa saja,” tegasnya.

Risma mengingati supaya dana bantuan sosial tidak dipakai untuk pembelian rokok dan barang-barang tidak berguna lainnya. Bila tetap dilakukan maka pihaknya akan mengevaluasi ulang apakah penerima bantuan masih layak menerimanya.

“Perintah Bapak Presiden ialah tidak ada pemakaian bantuan sosial untuk pembelian rokok. Satu kali lagi, janganlah sampai bantuan ini untuk kesehatan tetapi selanjutnya ada permasalahan sebab dipakai untuk (beli) rokok,” ucapnya.

Jadi nantikan saja pencairan PKH 2021 dan dana bantuan sosial yang lain pada 4 Januari 2021 ya.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Kapan Uang PKH Cair 2021? Kami sudah bagikan informasi waktu pembagian sesuai dengan keterangan langsung dari Menteri Sosial. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca, khususnya para penerima bantuan program keluarga harapan.

Sumber: finance.detik.com

Baca juga: Kementan Minta BUMN Membantu Masalah Kenaikan Harga Cabai dan Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *