Cara Cek NIP CPNS 2019
Tips Cara Cek NIP CPNS 2019. Sumber gambar: Alobisnis.com

Cara Cek NIP CPNS 2019

Cara cek NIP CPNS 2019 dan cara memantau perkembangan kemajuan proses penentuan nomor induk pegawai. Silahkan pahami artikel ini.

Proses dan tahapan penyeleksian Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada periode tahun 2019 lampau sekarang masuk step penentuan Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil ( NIP).

Info mengenai kemajuan perkembangan pemberkasan NIP CPNS 2019 ini terus diberitakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) lewat akun twitter offisial mereka yang beralamat di @BKNgo.id.

Sebagaimana halnya pada tanggal 17 Desember 2020 yang lalu, BKN kembali lagi sampaikan info terbaru tentang NIP CPNS 2019.

Simak juga: BKN Penetapan NIP CPNS 2019

Perlu Anda dipahami, pengusulan nomor induk pegawai dikatakan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) selambat-lambatnya 30 November 2020. Dengan begitu, Terhitung Mulai Tanggal (TMT) CPNS 2019 bisa diputuskan pada tanggal 1 Desember 2020.

Namun, belum keseluruhan lembaga telah selesai dalam penetapan NIP CPNS-CPNS yang baru itu.

Pelaksana tugas Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Paryono menegaskan bahwwasnya belum keseluruhan lembaga selesai dalam proses penetapan nomor induk pegawai ini. Beliau juga menambahkan bahwasanya SK CPNS baru bisa diterbitkan setelah penetapan NIP seelsai dilakukan.

Bagaimana Cara Cek NIP CPNS 2019

Kemajuan perkembangan penentuan nomor induk kepegawaian ini bisa pembaca pantau melalui halaman rekap penetapan NIP. Pada rekap tersebut ada keterangan dalam halaman yaitu tentang entry instansi, usulan masuk, ACC, BTL, dan TMS.

Paryono memberikan penjelasan terkait istilah-istilah ini. ACC itu berarti sudah selesai pemrosesan. Istilah usul masuk menunjukkan posisi dokumen saat ini ada di BKN. Bilamana usul masuk dan ACC jumlahnya sama maka itu berarti berkas sudah selesai secara keseluruhan.

Sementara itu, keterangan BTL menunjukkan arti dokumen yang belum lengkap ataupun tidak sesuai dengan syarat yang diminta. Dan TMS menunjukkan arti bahwa berkas tidak memenuhi syarat. Ini berarti bahwa CPNS yang lulus tidak sesuai dengan syarat yang diminta. Contohnya CPNS lulusan jurusan bahasa Jawa lulus pada formasi guru bahasa Indonesia.

Ini langkah-langkah melakukan pengecekannya:

  1. Kunjungi halaman ofisial BKN pada tautan ini: https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/
    (penulisan huruf besar dan kecil memberikan pengaruh). Silahkan kunjungi halaman via laptop, personal komputer, atau smartphone.
  2. Bila sudah, silahkan masukkan NIP baru (tanpa spasi), lalu pilih “Next”.
  3. Ketikkan kode captcha yang sesuai. (bila kode captcha tidak timbul maka silahkan coba memakai aplikasi browser yang lain atau pakai laptop atau personal komputer).
  4. Silahkan lihat profil pegawai Anda di halaman tersebut
  5. Bilamana ada kesalahan terkait data identitas Anda, silahkan update menjadi identitas yang benar.

Nah, itu tadi bagaimana Cara Cek NIP CPNS 2019. Mudah-mudahan para pemenang CPNS 2019 dapat memahaminya. Sumber: tribunnews.com

Baca juga: Pendaftaran CPNS 2021 Akan Dibuka, Lengkap Persyaratannya

Pencarian Populer:

CEK NIP CPNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *