3 Penjual Obat Yang Paling Kaya Di Indonesia
Sumber gambar: forbes.com

3 Penjual Obat Yang Paling Kaya Di Indonesia

Majalah Forbes kembali lagi mengeluarkan list 50 orang paling kaya di negara Indonesia pada tahun 2020. Profile 50 warga Indonesia paling tajir di Indonesia ini masih dikuasai oleh beberapa wajah lama.

Penghitungan kekayaan konglomerat ini bertolak dari formasi kepemilikan saham dan info keuangan yang didapat dari keluarga dan orang perseorangan, bursa saham, riset mandiri, dan beberapa sumber valid yang lain.

Jumlah kekayaan mempertimbangkan kepunyaan saham yang dipunyai di beberapa perusahaan terafiliasi. Rangking itu memberikan cerminan kekayaan pribadi dan keluarga, termasuk juga pembagian antara para famili.

3 Sosok Penjual Obat Yang Paling Kaya Di Indonesia

Dari ke-50 orang tertajir itu, ada banyak nama pebisnis yang kekayaannya bersumber dari perusahaan obat-obatan atau farmasi. Silahkan simak daftarnya:

1. Boenjamin Setiawan

Mungkin banyak yang tidak mengenali nama Boenjamin Setiawan. Akan tetapi, bila menyebutkan nama Kalbe Farma, pasti banyak kenal karena sudah populer.

Kalbe Farma adalah perusahaan farmasi swasta yang paling besar di NKRI. Penentuan derajat besar perusahaan ini berdasarkan segi kapitalisasi pasar. Produknya tidak cuman beberapa obat, tetapi memasuki ke fragmen barang-barang untuk konsumen (consumer goods).

Beliau juga sering dikenal dengan nama dr Boen. Beliau masuk menjadi orang paling tajir di Indoneisa dan namanya terpampang pada posisi kedepalapan.

Jumlah keseluruhan kekayaan bersihnya sebesar 4,1 miliar dolar Amerika Serikat atau sejumlah 58,03 triliun rupiah (menggunakan kurs Rp 14.150). Beliau termasuk ke daftar miliader paling sepuh karena sudah berumur 87 tahun.

Selain Perusahaan Kalbe Farma, Boenjamin Setiawan adalah pemilik RS Mitra Keluarga. Jaringan rumah sakitnya telah mengakar dan menyebar di sejumlah kota di Indonesia. Kalbe Farma atau dan RS Mitra keluarga adalah perusahaan yang terlah terdaftat pada bursa efek Indonesia.

Simak juga: Daftar Konglomerat Pemilik Bank Besar Di Indonesia

2. Irwan Hidayat

Irwan Hidayat ialah pemilik dari perusahaan Sido Muncul Tbk. Ini adalah perusahaan jamu yang paling besar di NKRI. Beliau adalah cucu dari pendiri Sido Muncul yang namanya Rahkmat Sulistio (Go Djing Nio).

Sido Muncul ialah perusahaan yang berawal dari industri jamu skala rumahan di kota Semarang. Perusahaan ini pernah hampir gulung tikar karena terlilit hutang dari penyedia bahan bakunya.

Oleh karena usaha yang kerasa dari Irwan Hidayat, Sido Muncul juga dapat bangun dan berdiri kembali secara perlahan. Produk unggulannya yang terlaku di pasar ialah obat herbal Tolak Angin. Merk ini bahkan juga telah memasuki ke pasar luar negeri.

Seperti dicatat Majalah Forbes, Irwan Hidayat tempati status ke-17 dalam perincian orang kaya di negara Indonesia. Keseluruhan kekayaan bersihnya capai 1,55 miliar dolar Amerika.

3. Kartini Muljadi

Kartini Muljadi ialah nama pebisnis nasional yang beberapa kali sudah masuk ke jejeran orang paling kaya ini. Beliau ialah pemilik dari Group Tempo, perusahaan sebagai induk dari PT Tempo Scan Pasific Tbk.

Perusahaan itu sejauh ini dikenali selaku produsen produk farmasi dan consumer goods. Beberapa produknya termasuk sangat merakyat di Indonesia, yakni: Bodrex, Vidoran, Hemaviton, Oskadon, Bodrexin, Neo Rheumacyl, Oskadryl, Contrexyn atau Zevit Grow.

Contoh barang consumer goods nya Tempo Scan Grup salah satunya Marina, My Baby, S.O.S, Total Care, Claudia atau Pure Baby.

Perusahaan ini memiliki kantor pusat di gedung di teritori Rasuna Said Jakarta Selatan. Tempo Group memasuki ke usaha kosmetik dengan mengeluarkan produk seperti Marina dan Ultima II. Selanjutnya diikuti dengan Revlon, Estee Lauder, Clinique, MAC, Bobbi Brown, La Mer, dan Jo Malone London.

Seperti dicatat Majalah Forbes, kekayaan yang dipunyai oleh Kartini Muljadi capai 620 juta dolar Amerika Serikat atau sejumlah Rp 8,68 triliun. Dia ada di posisi orang paling kaya ke-42 di Indonesia.

Nah, itu tadi sosok 3 Penjual Obat Yang Paling Kaya Di Indonesia. Semoga cerita dari orang sukses seperti mereka bisa memberikan inspirasi dari para pembaca sekalian. Yang paling penting adalah jangan menyerah karena mereka pantang menyerah walaupun hampir mengalami kebangkrutan.

Sumber: money.kompas.com

Baca juga: Kakek Paling Kaya Di Indonesia Yang Pernah Jualan Sabun Keliling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *