Kakek Paling Kaya Di Indonesia Yang Pernah Jualan Sabun Keliling
Sumber: yahoo.com

Kakek Paling Kaya Di Indonesia Yang Pernah Jualan Sabun Keliling

Majalah Forbes baru saja mengeluarkan list orang paling tajir di Indonesia. Dalam daftar itu terdapat nama Budi Hartono dan Michael Hartono yang menduduki posisi puncak orang terkaya negara Indonesia. Kedua bersaudara ini memiliki kekayaan 37 miliar dolar Amerika atau sama dengan 522,2 triliun rupiah (kurs 14.000)

Berdasarkan Majalah Forbes ini juga terdapat nama Harjo Sutanto. Beliau adalah orang kaya paling tua dari 50 orang ini. Umur beliau adalah sekitar 93 tahun.

Harjo Sutanto menduduki posisi ke-39 dalam list orang paling kaya di NKRI. Jumlah keseluruhan harta kekayaan kakek ini kira-kira 810 juta dolar Amerika atau setara dengan 11,3 triliun rupiah.

Jual Sabun Colek Keliling

Pernahkah Anda terpikir bahwasanya kekayaan kakek ini berawal dari bisnis sabun colek? Jadi, jangan main-main dengan orang yang memiliki usaha mikro, kecil, dan menengah ya. Yuk simak selanjutnya.

Bersama-sama dengan rekan sang kakek, Johannes Ferdinand Katuari, beliau memulai aksi bisnisnya sebagai sales sabun keliling sekitar 60 tahun yang lampau. Beliau menjajakan jualannya dari pintu ke pintu di daerah Jawa Timur.

Berdasarkan halaman resmi website Wings Group ketika didirikan tahun 1949, awal mula nama perusahaan ini adalah Fa Wings. Perusahaan ini menghasilkan sabun colek dalam skala rumahan. Proses pendistribusiannya pun terbatas yaitu dari rumah ke rumah dan kampung ke kampung.

Siapa yang menyangka bahwasanya nilai lebih dari produk ini adalah kebutuhan manusia akan kebersihan pakaian. Hal ini menyebabkan produk ini banyak laku di Jawa Timur. Pada masa perjuangan beliau, sabun colek adalah suatu inovasi baru sabun cuci pakaian.

Seiring dengan zaman maka bisnis sabun colek ini bisa bersaing dengan sabun deterjen atau bubuk. Walaupun jenis deterjen dna bubuk sudah lebih dulu menduduki pasar, tetapi sabun colek memiliki peran dalam bisnis ini. Harga sabun colek juga lebih terjangkau karena biaya produksinya yang lebih murah. Hal ini semakin membuat sabun colek semakin populer.

Bukan hanya sabun, perusahaan beliau saat ini merambah berbagai sektor usaha lainnya. Beberapa diantaranya deterjen, pembersih toilet, shmapo, pembalut, pasta gigi, dan barang keperluan rumah tangga yang lain.

Minuman dan Makanan

Gruo Wings juga melakukan ekspansi ke usaha makanan dan minuman. Beberapa diantara produknya adalah me instan, saus, minuman bubuk, dan kopi.Sejumlah produk makanan dan minumannya ini sudah mudah ditemukan di pasaran. Hal ini karena perusahaan ini sudah memiliki jalur distribusi yang kuat.

Nah, itu tadi kisah orang sukses Kakek Paling Kaya Di Indonesia Yang Pernah Jualan Sabun Keliling. Hikmah apa yang dapat pembaca ambil dari tulisan ini? Kalau menurut penulis adalahh hikmah pantang menyerah dan terus melakukan inovasi. Semoga cerita ini dapat memberikan insprasi bagi para pembaca.

Sumber: money.kompas.com

Baca juga: Siapa Paling Kaya dari 3 Bos Stasiun TV di Indonesia Ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *