List 5 Orang Kaya di Indonesia Karena Bisnis Batu Bara
Salah satu lubang bekas tambang batu bara yang ada di Kalimantan Timur. (Dok. Jatam Kaltim )

List 5 Orang Kaya di Indonesia Karena Bisnis Batu Bara

Tambang batu bara adalah sumber penghasil uang untuk kelompok orang sukses dan orang kaya di Indonesia. Berdasarkan pernyataan Presiden Jokowi bahwa banyak orang terkaya dari Indonesia berasal dari sektor tambang.

Bisnis tambang batu bara pernah booming pada tengah tahun 2000. Ini adalah ketika harga batu bara dunia naik tinggi. Indonesia sekarang merupakan negara yang melakukan aktivitas ekspor batu bara terbesar di dunia setelah Australia.

List 5 Orang Kaya di Indonesia Karena Bisnis Batu Bara

Batu bara ini sering diistilahkan sebagai emas hitam karena memang dapat dijadikan sumber kekayaan. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan informasi tentang list orang terkaya dari Indonesia yang berasal dari pertambangan batu bara.

1. Garibaldi Thohir

Garibaldi Thohir adalah kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir. Kepiawaian berbisnis telah ada dalam pribadi Garibaldi yang berasal dari ayah beliau Muhammad Teddy Thohir. Diketahui bahwasanya Teddy Thohir ini adalah salah satu pendiri Astra.

Beliau juga dikenal dengan nama Boy Thohir memasuki daftar orang terkaya di Indonesia. Posisinya berada pada urutan ke-15 berdasarkan Majalah Forbes. Jumlah kekayaan beliau adalah 1,65 miliar dolar Amerika atau detara dengan Rp 23,5 triliun (menggunakan kurs Rp 14.200).

Salah satu sumber pundi kekayaan paing besar beliau adalah kepunyaan saham pada PT Adaro Energy. Perusahaan ini adalah perusahaan pertambangan batu bara terbesar di negara Indonesia.

Tambahan lagi, Boy Thohir ini juga dikenal sebagai pemilik perusahaan pembiayaan WOM Finance, operator perusahaan air minum, dan jaringan restoran Hanamasa. Boy diketahui berkawan dekat dengan Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno.

2. Theodore Rachmat

Theodore Permadi Rachmat adalah satu dari beberapa pebisnis nasional. Beliau termasuk yang sukses dalam bisnis pertambangan batu bara. Beliau juga adalah salah satu dari pendiri PT Adaro yang dibahas di atas.

Banyak orang memanggil beliau Teddy yang diketahui juga sebagai mantan CEO Astra International. Setelah melepaskan Astra, beliau membangun perusahaan yang bernama Triputra Group. Perusahaan ini menggawangi bisnis batu bara besar melalui anak perusahaan Padang Karunia Group.

Perusahaan ini didirikan di tahun 2002 yang banyak memiliki lapangan operasi di daerah Kalimantan Selatan. Terhitung cadangan batu bara di lahan konsensinya sebanyak 275 juta ton. Produk pertahunnya adalah hingga 15 juta ton dalam satu tahun.

Majalah Forbes memposisikan Theodore Rachmat dalam urutan ke-16 list orang terkaya di Indonesia. Total kekayaan bersih beliau adalah 1,6 miliar dolar Amerika atau setara dengan Rp 22,78 triliun.

3. Peter Sondakh

Peter Sondakh juga termasuk pebisnis batu bara di Indonesia. Beliau menduduki urutan ke-18 dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Total kekayaan bersihnya menurut Majalah Forbes adalah 1,5 miliar dolar Amerika atau setara dengan Rp 21,36 triliun.

Sumber kekayaan beliau berasal dari Rajawali Corpora. Ini adalah induk perusahaan investasi terpopuler yang berdiri pada tahun 1984 dan berkantor di Jakarta.

Kutipan dari halaman resmi perusahaan, perusahaan Rajawali Corpora ini mempunyai 3 perusahaan besar yang bergerak dalam sektor pertambangan, yaitu: Archi Group, Golden Eagle Energy, dan Indo Mines Ltd. Sekarang ini, perusahaan ini mendominasi cadangan batu bara sebanyak 730 juta ton di daerah Kalimantan dan Sumatera dengan kapasitas produksi sebanyak 2,5 juta ton tiap tahun.

4. Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong ialah pemilik Bayan Resources. Perusahaan ini tercatat sebagai salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia. Penguasaan konsesi lahan tambangnya tersebar di daerah Kalimantan Seatan dan Timur.

Tambang batu bara terbesarnya bertempat di konsensi Tabang. Produksinya menyumbang 80 persen produksi keseluruhan tambang batu bara beliau. Lokasi pertambang lainnya ada di Wahana Baratama, Teguh Sinar Abadi, dan Perkasa Inakerta. Dengan besarnya jumlah produksi Bayan Resources maka mempunyai pelabuhan sendiri.

Majalah Forbes memposisikan beliau pada urutan ke-25 dari list orang terkaya di Indonesia. Total kekayaan yang dimiliki beliau adalah 1,2 miliar dolar Amerika atau setara dengan 17,09 triliun rupiah.

5. Hashim Djojohadikusumo

Hashim Djojohadikusumo adalah adik dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Seringkali nama beliau tercatat dalam list 50 orang terkaya di Indonesia. Berdasarkan kutipan dari Majalah Forbes, pemilik Arsari Group ini berada pada posisi ke-40 orang terkaya di negara Indonesia.

Beliau memiliki banyak perusahaan yang bergerak pada sektor-sektor seperti perkebunan kelapa sawit, pertambangan, industri kertas, dan jasa logistik. Total kekayaan beliau adalah 685 juta dolar Amerika atau kira-kira 9,76 triliun.

Nah, itu tadi pembahasan seputar List 5 Orang Kaya di Indonesia Karena Bisnis Batu Bara. Apakah Anda tertarik untuk berkecimpung di bisnis batu bara ini? Semoga sukses ya.

Sumber: money.kompas.com

Baca juga: Daftar Konglomerat Pemilik Bank Besar Di Indonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *