Bank Syariah Muhammadiyah Adalah Tandingan BSI
Ilustrasai uang. Sumber gambar: Wikimedia Creative Common

Bank Syariah Muhammadiyah Adalah Tandingan BSI?

Muhammadiyah merencanakan membuat bank syariah milik sendiri, yang namanya Bank Syariah Muhammadiyah. Tetapi gagasan ini masih juga dalam step analisis intern pengurus Muhammadiyah di sejumlah wilayah.

Gagasan pendirian Bank Syariah Muhammadiyah itu timbul tidak lama sesudah PP Muhammadiyah merencanakan akan mengambil seluruh dana amal usaha dan persyarikatan yang sejauh ini tersimpan di Bank Syariah Indonesia (BSI).

Lalu, apakah gagasan pendirian Bank Syariah Muhammadiyah itu sebagai wujud dari pembentukan bank syariah tandingan BSI?

Pengurus Muhammadiyah di Magelang dan Akademiki Sektor Keuangan Islam UII Yogyakarta, Rifqi Muhammad, memberikan penegasan bahwa gagasan pembangunan Bank Syariah Muhammadiyah itu bukanlah bentuk tandingan BSI. Menurut dia, pembangunan bank syariah itu selaku momen untuk memperkuat ekonomi.

“Tidak ya kalau dikatakan tandingan. Saya kira ini bukan tandingan lah, BSI kan milik negara, ya enggak tandingan lah,” ujar Rifqi, pada hari Sabtu (26/12).

Ia meneruskan, bahwa Muhammadiyah selaku salah satunya organisasi Islam paling besar di Tanah Air sudah jalankan praktek swadaya sejak dahulu walau juga masih di tingkat BPRS (Bank Pembiayaan Rakyat Syariah). Sama seperti yang dipunyai Jawa tengah yaitu Bank Syariah Surya Artha Barokah dan di Yogyakarta yaitu Bank Syariah Bangun Drajat Warga.

“Muhammadiyah kan sisi dari warga, jika swadaya ya itu hal yang sangat biasa. Sama dengan kita punyai instansi zakat, Baznas punyai negara, kita punyai Lazismu,” terangnya.

Ia juga mengharap, nanti bila Bank Syariah Muhammadiyah tercipta bisa bersinergi dengan BSI. Ini akan makin mendukung eksistensi bank syariah dalam perekonomian negara Indonesia.

“Sama-sama sinergi nantinya, jadi bukan dalam konteks tandingan. Jauh lah itu,” sambungnya.

Nah, itu tadi penjelasan tentang Bank Syariah Muhammadiyah Adalah Tandingan BSI yang bersumber langsung dari pihak Muhammadiyah. Semoga informasi ini memberikan kejelasan kepada para pembaca sekalian.

Simak berita terkait: Kosongkan Dana di BSI, Muhammadiyah Siap Dirikan Bank Syariah Untuk Mengembangkan UMKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *