Pengaruh dan Dampak Resesi Ekonomi
Ilustrasi dampak dan pengaruh resesi ekonomi. Sumber gambar: pixabay.com

Pengaruh dan Dampak Resesi Ekonomi

Artikel ini masih membahas seputar masalah resesi. Bagi Anda yang belum tahu apa itu, silahkan disimak bacaannya pada link berikut:

Apa saja pengaruh dan dampak resesi ekonomi? Banyak orang yang takut akan terjadinya keadaan ini. Hal ini bisa diakibatkan oleh dampak buruk yang ditimbulkannya bila terjadi. Berikut ini ulasan singkatnya.

Keadaan resesi memiliki sifat yang destruktif (menghancurkan). Hal ini lantaran akan menimbulkan pengangguran yang jumlahnya besar-besaran. Untuk itu banyak yang akan merasakan efek buruk dari kejadian resesi ekonomi ini. Bilamana tingkat pengangguran naik jumlahnya, daya beli dari konsumen yang menurun maka bisnis-bisnis akan kolaps atau bangkrut.

Dalam banyak kejadian resesi, orang akan kehilangan rumah ketika sudah tidak sanggup lagi melunasi cicilan perbulannya. Kelompok usia muda akan mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan. Tidak hanya yang tamatan sekolah rendah juga pada mereka yang tamat dari sekolah yang tinggi. Selain itu, keadaan resesi akan menyulitkan untuk memperoleh promosi.

Mereka yang masih kerja juga akan sulit memperoleh kenaikan gaji, atau bahkan gaji dipotong untuk menutup biaya perusahaan atau mencegah PHK. Mereka yang stabil ekonominya tanpa memiliki utang yang banyak biasanya tidak terlalu merasakan resesi ini.

Nah, itu tadi penjelasan singkat seputar Pengaruh dan Dampak Resesi Ekonomi. Mari kita doakan pemerintah untuk dapat mencegah terjadinya resesi di negara Indonesia tercinta.

Sumber: tirto.id

Video pembahasan resesi ekonomi dari Dr. Willem A. Makaliwe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *