Nilai Pasar Tesla Mencapai 500 Dolar Amerika

Harga saham Tesla (TSLA) lagi sedang meningkat. Seperti kutipan dari CNN, pada Rabu (25/11/2020) harga saham perusahaan produsen mobil listrik itu mengalami pertambahan sebanyak lebih dari 4 % pada perdagangan Selasa (23/11/2020) waktu bagian Amerika Serikat. Maka dengan begitu, valuasi pasar Tesla akan mencapai rekor 500 miliar dollar AS pada masa pertama kalinya.

Pada perdagangan siang hari, valuasi pasar Telsa telah menembus 520 miliar dollar AS. Valuasi perusahaan yang dimiliki oleh Elon Musk ini semangkin bertambah besar bila dibandingkan dengan nilai kapitalisasi pasar perusahaan otomotif yang lain. Valuasi Tesla juga semakin besar berbanding dengan gabungan valuasi pasar dari perusahaan otomotif dunia semisal Toyota, Volkswagen, GM, Ford, Fiat Chrysler, serta PSA Grup.

Harga saham Tesla sendiri pada mulanya di tahun 2020 sudah meningkat cepat hingga 550 %. Di awal Bulan Januari lalu, penjualan dan pembelian harga saham perusahaan berada pada kisaran 86 dollar AS per saham. Pada saat artikel ini ditulis, harga saham Tesla berada di tingkat 549 dollar AS setiap helai saham.

Kenaikan harga saham Tesla ini sudah barang tentu meningkatkan nilai kekayaan CEO mereka, Elon Musk. Hitungannya berada pada angkat 127,9 miliar dollar AS berdasar Bloomberg Billionaire Indeks. Dengan begitu, Elon Musk sekarang sudah samai dengan pendiri Microsoft Bill Gates, yang tempati posisi orang paling tajir ke-2 di dunia.

Pada Bulan Oktober lalu, Tesla membuat laporan keuntungan perusahaan yang paling besar, yaitu sejumlah 874 juta dollar AS. Jumlah itu mengalami peningkatan 156 % jika dibanding dengan masa yang serupa pada tahun kemarin.

Keuntungan ini menunjukkan perusahaan sudah cetak untung dalam lima kuartal beruntun. Tesla juga masih membuat harapan bisa capai sasaran pemasaran sekitar 500.000 mobil pada tahun ini. Perkembangan keuntungan perusahaan itu berlangsung di tengah-tengah disrupsi yang dirasakan baik oleh Tesla dan perusahaan otomotif pada umumnya, yaitu wabah atau pandemi virus corona (Covid-19).

Pada awal tahun ini, Tesla juga harus tutup pabrik mereka sesaat di Fremont, California untuk patuhi prosedur pengendalian wabah. Akan tetapi, pada Oktober lalu perusahaan mengatakan pabrik itu sudah dinaikkan kemampuannya dan sanggup menghasilkan 500.000 Tesla mode Y dan mode 3 dalam satu tahun. Disamping itu menghasilkan mobil yang lain tambah mahal, yaitu sekitar 90.000 untuk mode S dan mode X.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Valuasi Pasar Tesla Tembus 500 Miliar Dollar AS “, Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2020/11/25/074545426/valuasi-pasar-tesla-tembus-500-miliar-dollar-as.

Baca info lainnya: Mantan PM Malaysia Najib Razak Sebut Malaysia Kalah dari RI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *