Cara Mendapatkan Kartu Sembako Dengan Mudah
Sumber gambar: Alobisnis.com

Cara Mendapatkan Kartu Sembako Dengan Mudah

Tips dan Langkah Cara Mendapatkan Kartu Sembako Dengan Mudah – Serial info bantuan pemerintah dari Alobisnis.com. Kartu Sembako ini pada awalnya diketahui sebagai Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Ini merupakan bentuk bantuan sosial pangan yang pembagiannya berupa non-tunai kepada setiap keluarga penerima manfaat (KPM) satu kali dalam sebulan.

Sekedar informasi, sebenarnya ada 6 jenis bantuan dari pemerintah. Baca di sini, siapa tahu Anda berhak mendapatkan salah satunya: 6 Bansos dan BLT Ini Diperpanjang Sampai 2021, Buruan Daftar!

Kartu Sembako ialah jenis bantuan sosial yang bersumber dari pemerintah dengan tujuan untuk mengatasi dampak buruk akibat pandemi virus corona. Dampak negatif ekonomi kepada masyarakat sangat nyata, terutama kelompok keluarga miskin. Nah, kartu sembako ini hadir untuk meringankan beban kebutuhan pokok keluarga miskin tersebut.

Pada awlnya, komoditas yang ditawarkan dalam bantuan ini adalah beras dan telur. Namun, sekarang ini komoditasnya lebih beragam. Jenis karbohidratnya tidak hanya beras, tetapi juga karbohidrat yang lain. Selain itu, jenis proteinnya juga divariasikan hingga kini ada protein nabati dan tidak hanya telur (protein hewani).

Jumlah penerima kartu sembako ini juga mengalami peningkatan. Dari yang semula 15,2 juta KPM bertambah jadi 20 juta KPM. Jumlah besaran yang diperoleh juga mengalami peningkatan. Semula besarnya Rp 150 ribu tiap KPM tiap bulan; lalu bertambah menjadi Rp 200 ribu tiap KPM tiap bulan.

Pada keadaan sekarang, pemerintahan Indonesia menyesuaikan persyaratan penerima, besaran, dan waktu penerimaan. Mengapa? Oleh karena terlalu banyak laporan penyalahgunaan bantuan. Pemerintah berniat agar bantuan sosial ini tepat sasaran.

Tahapan Cara Mendapatkan Kartu Sembako Dengan Mudah

Lantas, sebenarnya bagaimana cara mendapatkan kartu sembako ini? Silahkan baca rincian penjelasan berikut ini.

  1. Kementerian sosial melakukan pendataan para peserta keluarga penerima manfaat (KPM).
  2. Surat pemberitahuan akan disampaikan kepada calon KPM. Surat ini berisi informasi tentang bagaimana teknis pendaftaran pada lokasi yang sudah ditunjuk.
  3. Proses pendaftaran akan berlangsung secara offline pada lokasi yang sudah diberitahukan.
  4. Calon penerima mengisi data-data yang dibutuhkan.
  5. Data yang sudah diisi akan diproses secara paralel dan sinergis yaitu dilaksanakan oleh pihak bank pemerintah, kantor kelurahan, kecamatan, dan bupati.
  6. Diwajibkan kepada calon KPM untuk membawa berkas dan data lengkap, contohnya KTP, KK, dan kode unik keluarga/ individu dalam data terpadu.
  7. Proses verifikasi data.
  8. Bilamana proses verifikasi sudah selesai maka akan dilanjutkan dengan pembukaan rekening di bank. Nantinya kepada calon KPM akan diberikan kartu keluarga sejahtera (KKS).
  9. Bagi penerima bantuan yang sudah memiliki KKS maka bisa mengunjungi e- warong. E-warong ini adalah singkatan dari elektronik warung gotong royong. Di warung ini KPM bisa mendapatkan kebutuhan pokoknya.

Nah, itu tadi informasi tentang bagaimana tips dan cara memperoleh kartu sembako dengan mudah. Bilamana Anda merasa berhak mendapatkan bantuan ini maka aktiflah bertanya kepada kepala desa tentang hal ini. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Sumber: pikiran-rakyat.com

Baca info sejenis: Kapan Uang PKH Cair 2021?

Pencarian Populer:

bagaimana mendapatkan kartu sembakoCara mendapatkan kartu sembako secara onlen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *