6 Bansos dan BLT Ini Diperpanjang Sampai 2021, Buruan Daftar!
Foto Presiden Indonesia. Sumber: wikipedia

6 Bansos dan BLT Ini Diperpanjang Sampai 2021, Buruan Daftar!

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan pengumuman tentang perpanjangan 6 bantuan langsung tunai, yaitu BLT UMKM, BLT subsidi, kartu prakerja, BLT Rp 500 Ribu per KK, kartu sembako, dan PKH sampai pada tahun 2021.

Bermacam usaha dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi dampak dari pandemi COVID-19. Salah satunya yaitu dengan cara melakukan perpanjangan bantuan langsung tunai (BLT) ini kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi baik secara langsung ataupun tidak.

Jadi, akan ada kesempatan bagi Anda yang ingin atau belum mendapatkan salah satu dari 6 BLT ini. Oleh karena itu simak dan perhatian lah terhadap informasi yang beredat seputar hal ini. Mari segera daftarkan diri Anda ke bantuan sosial dari pemerintah ini.

Ini 6 Bansos dan BLT Ini Diperpanjang Sampai 2021, Buruan Daftar!

Sampai pada saat artikel ini dibuat, kami membuat rangkuman dari bermacam sumber tentang keenam jenis bantuan langsung tunai atau bantuan sosial ini. Silahkan simak cara mendaftar, syarat, dan kelengkapan yang harus dipenuhi di bawah ini.

1. Banpres BPUM BLT UMKM Rp 2,4 juta

Pendaftaran BPUM BLT UMKM bisa dilakukan melalui online (menggunakan situs jaringan internet) dan offline ( melalui Dinas Koperasi Kabupaten/ Kota masing-masing). Kemudian nantinya pada tahap pencairan bisa dilakukan pada bank BRI terdekat dengan lokasi tempat tinggal Anda.

Para pelaku usaha UMKM bisa melakukan tata cara pendaftaran BLT UMKM Rp 2,4 juta secara pribadi kepada lembaga atau instansi yang ditunjuk oleh kementerian koperasi. Apa saja lembaga tersebut, ini dia:

  • Dinas yang membawahi bidang Koperasi dan UMKM tingkat Provinsi/ Kabupaten atau Kota seluruh Indonesia
  • PPKL dan Konsultan Pendamping PLUT yang bertanggung jawab melaksanakan proses pendataan lapangan
  • Pendamping KUMKM : ABDSI, ICSB, Fokus-Lunas, dan Lapenkop
  • Instansi, asosiasi, perkumpulan, atau komunitas yang telah diberikan kewenangan dan Surat keterangan Resmi dari Kemenkop UKM RI.

Persyaratan Program BLT BPUM UMKM

Lalu apa syaratnya? Adapun persyaratan untuk dapat program BPUM BLT UMKM Rp2,4 juta via BRI sebagai berikut:

  • Merupakan warga negara Indonesia (dibuktikan dengan kepemilikan KTP).
  • Mempunyai Nomor Induk Kependudukan atau NIK.
  • Memiliki Usaha Mikro.
  • Bukan terdaftar sebagai ASN (PNS), TNI/ Polri serta Pegawai BUMN atau BUMD.
  • Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan, KUR, atau sejenisnya.
  • Bagi pelaku usaha mikro yang mempunyai KTP dimana alamatnya berbeda dengan domisili usaha maka dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha atau SKU.

Tutorial Cara Daftar BLT BPUM UMKM Rp 2,4 Juta

Apabila syarat sudah terpenuhi maka silahkan mendaftar dengan mengikuti langkah dan step di bawah ini, yaitu:

  1. Mendaftar secara manual hingga mendapatkan SMS pemberitahuan, baca di sini: Cara Daftar BLT Banpres BPUM UMKM Dari Awal Sampai Mendapatkan SMS
  2. Mendaftar secara online melalui BRI, baca pada tautan ini: Cara Daftar BLT UMKM Secara Online Dengan Login eform.bri.co.id
  3. Pendaftaran secara online lewat BNI, baca ini: 
    Cara Daftar dan Cek Penerima BLT BPUM UMKM Melalui bni.co.id

2. BLT BPJS Ketenagakerjaan

BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan diselenggarakan untuk para karyawan yang memiliki upah atau gaji per bulannya dengan nominal di bawah Rp 5 juta. Syarat mutlak untuk mendapatkan bantuan BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan adalah pendaftar tersebut harus telah terdaftar sebagai peserta atau anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Berdasarkan Permenaker Nomor 14 Tahun 2020, beberapa syarat calon penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan adalah sebagai berikut:

  • Adalah Warga Negara Indonesia yang bisa dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja dengan status aktif di BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya nomor kartu kepesertaan yang bisa dicek oleh petugas.
  • Peserta yang membayar iuran dengan jumlah besaran iuran yang dihitung menurut upah di bawah Rp 5 juta sesuai dengan upah yang dilaporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan.
  • Termasuk kelompok Pekerja/ buruh penerima upah
  • Diwajibkan mempunyai buku tabungan dan nomor rekening bank yang aktif
  • Peserta yang terdaftar sebagai peserta aktif di BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juni 2020.

Bagi anda yang belum terdaftar BPJS Ketenagakerjaan dapat mengakses situs layanan online sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Baca juga berita terkait: Syarat dan Cara Daftar BSU BLT Subsidi Gaji Untuk Tenaga Honorer Rp 600 Ribu, Cek Penerima di Link Ini

3. Kartu Prakerja

Perlu untuk Anda pahami, bahwasanya program Kartu Prakerja ini telah berlangsung mulai dari bulan April hingga saat artikel ini dibuat. Target kepesertaannya saat ini telah mencapai target yang dibuat. Jumlah keseluruhan peserta yang telah terdaftar sebagai peserta Kartu Prakerja adalah sebanyak 5,6 juta dengan. Anggaran untuk kartu prakerja sebanyak 5,6 juta peserta ini sebesar Rp20 triliun.

Lalu, apa persyaratan yang harus dipenuhi? Berikut syarat Kartu Prakerja dan Cara daftarnya

  • Merupakan Warga Negara Indonesia
  • Berusia minimal 18 tahun
  • Tidak sedang menjalani proses pendidikan

Pendaftaran Kartu Prakeja bisa dilakukan melalui dua cara yaitu online dan offline. Pendaftaran secara online bisa langsung login ke situs www.prakerja.go.id. Tahapan yang akan ditempuh berikutnya yaitu pembuatan email (bila belum memiliki email), pembuatan akun, pendaftaran email, dan menjalani tes yang telah disediakan.

Bilamana tidak terlalu mengerti dengan hal-hal yang bersifat online maka Anda bisa mendaftar secara offline. Silahkan kunjungi Kementerian Ketenagakerjaan atau pemerintah daerah yang membidangi masalah ketenagakerjaan, yang dalam hal ini adalah Dinas Ketenagakerjaan. Peserta langsung mendatangi alamat instansi dan mengisi formulir secara online yang kali ini bisa dibantu oleh petugas.

Ini link pendaftaran prakerja: Cara Daftar Kartu Prakerja

4. BLT Rp500 Ribu per KK non PKH

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Sosial membagikan bantuan sosial yakni Bantuan Sosial Tunai (BST) dengan nominal sebesar Rp 500 ribu kepada masyarakat yang tidak termasuk dalam kelompok program keluarga harapan (PKH). Calon penerima bantuan diwajibkan memenuhi syarat-syaratm yaitu keluarga bukan penerima manfaat Program Keluarga Harapan atau PKH, program bantuan pangan non tunai, atau BPNT Kartu Sembako.

Untuk cara pendaftaran silahkan baca di link ini: Syarat dan Cara Cek Penerima Bansos BST Rp500 Ribu per KK Non PKH dari Kemensos

5. PKH

Program Keluarga Harapan atau PKH adalah suatu program dimana pemerintah memberikan bantuan sosial dengan syarat penerima harus berasal dari keluarga keluarga miskin. Keluarga yang termasuk kelompok ini akan ditetap sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Sejak mula PKH berjalan, keluarga yang termasuk dalam kategori miskin dapat memperoleh bantuan tunai dari pemerintah. Bagi warga miskin yang telah terdaftar sebagai penerima PKH ini maka verifikator akan menempelkan stempel stiker penanda di rumah masing-masing. Ini menunjukkan bahwa keluarga ini berhak mendapatkan bantuan.

Program keluarga harapan ini adalah pemberian bantuan sosial bersyarat pada keluarga miskin yang telah ditetapkan kepada penerima. Terdapat empat kategori dalam satu keluarga penerima bantuan PKH yaitu:

  • kategori ibu dalam masa kehamilan atau nifas,
  • anak usia dini sampai dengan umur 6 tahun,
  • pendidikan wajib belajar 12 tahun,
  • kategori penyandang disabilitas berat,
  • hingga kategori lanjut usia.

Bagaimana cara mendaftarnya? Pendaftaran bantuan PKH ini diselengarakan melalui perangkat pemerintah desa. Apakah Anda termasuk penerima bantuan ini? Dan bagaimana cara daftarnya? Silahkan baca pada link ini: Kriteria dan Syarat Penerima PKH Kemensos dan Cara Daftar nya

6. Kartu Sembako

Kartu Sembako adalah suatu program yang mempunyai maksud tujuan agar rakyat yang tergolong miskin dapat tetap memenuhi kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) setiap harinya. Penerima kartu sembaki ini termasuk ke dalam program perlindungan nasional. Kepastian data dapat dicek di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS.

Besar harapannya bagi masyarakat yang belum melakukan proses pendaftaran maka segeralah mengikutinya. Pemerintah akan menilai apakah calon penerima tersebut layak untuk mendapatkan kartu sembako.

Untuk Prosedur pendaftaran silahkan baca pada link ini: Cara Mendapatkan Kartu Sembako Dengan Mudah

  • Sumber:
    • Pikiran-rakyat.com
    • kompas.com
    • kontan.co.id

Pencarian Populer:

bantuan blt akan diperpanjang sampai 2021Bantuan Sosial Tunai Bantuan Sosial Tunai Kemenkes Cara Mendapatkan Bantuan Sosial TunaiPencaian Data Penerima Bantuan Sosial Tunai Bst Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial Tunai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *