Cara Daftar BLT Banpres BPUM UMKM Dari Awal Sampai Mendapatkan SMS
Ilustrasi uang bantuan. Sumber: google.com

Cara Daftar BLT Banpres BPUM UMKM Dari Awal Sampai Mendapatkan SMS

Bagaimana Cara Daftar BLT Banpres BPUM UMKM Dari Awal Sampai Mendapatkan SMS ? Mari kita kupas tuntas di sini. Informasi ini cukup penting loh bagi yang memiliki usaha mikro, tetapi belum mendapatkan bantuan banpres. Silahkan disimak dengan teliti dan seksama.

Sekedar info, bahwasanya ada 6 jenis bantuan dari pemerintah yang diperpanjang sampai tahun 2021. Apakah Anda sudah menerima salah satunya? Jika belum baca di sini: 6 Bansos dan BLT Ini Diperpanjang Sampai 2021, Buruan Daftar!

Tips Cara Daftar BLT Banpres BPUM UMKM Dari Awal Sampai Mendapatkan SMS

Untuk diketahui bahwasanya proses pendaftaran sudah tidak lagi diselenggarakan secara online, akan tetapi secara offline. Oleh karena itu, pendaftar harus mendatangi kantor lembaga pengusul secara langsung. Pada sebagian kecil daerah tertentu, proses pendaftaran BLT UMKM ini masih berjalan secara online.

Walaupun begitum proses pengecekan penerima pada bank penyalur masih diselenggarakan secara online. Contohnya Bank BRI melalui eform BRI. Ini menggunakan nomor induk kependudukan dan kartu tanda penduduk setelah Anda memperoleh SMS pemberitahuan.

Perpanjangan dan Penambahan Kuota BLT

Pada mulanya Bantuan presiden UMKM ini akan tutup pada akhir Bulan September 2020. Namun, karena kuota masih banyak yang kosong maka proses pendaftaran pun diperpanjang. Hal ini untuk dilakukan untuk memenuhi kuota nda target peserta.

Pada tahap ini, pemerintah mengumumkan ada kuota sebanyak 3 juta calon penerima bantuan. Pemerintah berharap agar para pelaku usaha mikro dan menengah berlomba-lomba dalam mendaftar agar tidak kehabisan kuota.

Ini beritanya: Pemerintah Tambah Penerima BLT BPUM UMKM Menjadi 15 Juta Orang

Syarat Mendapatkan Bantuan Presiden BPUM Ini

Tentunya seperti bantuan lainnya, ada syarat yang harus dipenuhi sebelum mendapatkan bantuan ini. Syarat tersebut adalah:

  • Merupakan warga negara Indonesia
  • Bukan terdaftar sebagai ASN/ PNS, TNI/ POLRI, ataupun pegawai BUMN/ BUMD.
  • Tidak sedang menerima kredit, termasuk kredit usaha rakyat (KUR) dari bank. Hal ini dijadikan syarat agar murni penerima bantuan adalah para pelaku UMKM yang belum pernah sama sekali mendapatkan bantuan pinjaman atau sejenisnya.
  • Para pemilik UMKM dimana lokasi usahanya berbeda dengan alamat tempat tinggal di kartu tanda penduduk maka masih tetap bisa menerima bantuan ini. Syaratnya harus juga melampirkan surat keterangan usaha (SKU)

Setelah semua persyaratan di atas tersedia maka catatlah di selembar kertas nomor induk kependudukan (NIK), nama lengkap, alamat tempat tinggal berdasarkan KTP, bidang usaha, dan nomor telepon yang aktif dan bisa dihubungi. Data-data ini diperlukan dalam proses pendaftaran.

Lembaga Pengusul Yang Ditunjuk Pemerintah

Siapa saja lembaga pengusul yang telah ditunjuk oleh pemerintah Indonesia? Anda dipersilahkan mendatangi salah satu kantor berikut ini untuk memulai proses pendaftaran, yakni:

  1. Dinas yang membawahi bidang Koperasi dan UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah).
  2. Koperasi yang telah sah menjadi Badan Hukum.
  3. Kementerian/Lembaga Koperasi.
  4. Perbankan dan perusahaan pembayaran yang terlah tercatat di OJK (otoritas jasa keuangan).

Pemberitahuan Lewat Pesan Singkat SMS Notifikasi

Pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah yang telah melakukan pengajuan dan dinyatakan lulus BLT UMKM Rp 2,4 juta ini maka akan menerima sms notifikasi (pemberitahuan). SMS ini berasal dari bank-bank penyalur seperti Bank BRI, BNI, dan Bank Syariah Mandiri).

Contoh konten sms pemberitahuan yaitu: “Nsb Yth …, pemilik nomor rekening ….., Anda telah terdaftar sebagai penerima Banpres Produktif (BPUM). Silahkan hubungi Bank BRI terdekat untuk melakukan verifikasi dan pencairan.”

Nah, bila Anda adalah salah satu dari yang mendapatkan SMS tersebut maka silahkan konfirmasi kembali ke tautan resmi Bank BRI. Ini dilakukan untuk memeriksa eksistensi nama Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka tautan eform.bri.co.id/bpum
  • Isikan nomor identitas KTP atau NIK
  • Isikan Kode verifikasi yang telah tertera
  • Tekan Pilihan Proses Inquiry
  • Selanjutnya akan muncul informasi terkait status pendaftaran BLT bantuan presiden UMKM atau BPUM Anda.
  • Bagi pendaftar yang tidak dinyatakan lolos dan menerima bantuan ini akan keluar notifikasi seperti ini: “Nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM.”

Lanjutan Ke Langkah Pencairan BLT BPUM

Bilamana pemilik UMKM telah dinyatakan terdaftar sebagai penerima BPUM, maka diwajibkan untuk datang langsung ke kantor bank penyalur terdekat sesuai domisili. Pihak bank akan membantu Anda mencairkan dana bantuan presiden ini kepada Anda.

Ikuti langkah pencairannya pada tautan ini: Cara Mencairkan BPUM Rp 2,4 Juta Melalui BRI

Untuk para pemilik UMKM yang tidak punya buku tabungan (atau tidak sempat membuat nomor rekening) maka langsung saja bawa kartu identitas penduduk. Pihak bank akan membantu membuat buku tabungan dan mencairkan dana bantuan.

Nah, itu tadi informasi tentang Cara Daftar BLT Banpres BPUM UMKM Dari Awal Sampai Mendapatkan SMS. Semoga mudah untuk dipahami. Silahkan layangkan komentar bila ada bagian yang masih membingungkan.

Sumber: beritadiy.pikiran-rakyat.com

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci:

daftar blt bpum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *