Cara Mengobati Bubul Ayam Dengan Bawang Putih
Tips Sederhana Cara Mengobati Bubul Ayam Dengan Bawang Putih

Cara Mengobati Bubul Ayam Dengan Bawang Putih

Tips mudah cara mengobati bubul ayam dengan bawang putih –¬†Pada artikel ini kali, kita akan mengulas berkenaan langkah menyembuhkan bubul ayam. Penyakit bubul ayam atau bumblefoot sebagai penyakit yang disebabkan karena spesies Staphylococcus aureus.

Penyakit bubul bisa memunculkan rasa ngilu hingga mempengaruhi kegiatan gerakan ayam, seperti saat menempati dan jalan. Bakteri S. aureus bisa mengontaminasi kaki ayam karena awalnya kaki ayam itu cedera.

Maka dari itu, sedapat mungkin supaya tempat gerakan ayam tidak ada benda tajam yang bisa mencederai kakinya. Disamping itu, harus juga jadi perhatian untuk kebersihannya.

Mengenali Penyakit Bubul Ayam

Bubul ayam atau bumblefoot sebagai penyakit radang akut yang diikuti dengan keradangan, terciptanya cairan radang, kebengkakan pada wilayah metatarsal dan jemari unggas (Hester, 1994). Bumblefoot atau bubul ayam harus selekasnya diatasi, karena bila tidak selekasnya diatasi bisa memunculkan penyakit misalnya :

  • Osteomielitis
  • Sinovitis
  • Laminitis
  • Bahkan juga sampai kematian

Bagaimanakah cara menyembuhkan bubul ayam ? Perlu sahabat kenali jika penyembuhan bubul ayam harus dilaksanakan secara intens supaya hasil yang didapat maksimal alias pulih keseluruhan. Karena jika masih tetap ada bakteri yang ketinggalan, kemungkinan besar bubul pada ayam akan muncul kembali. Saat sebelum mengenali lebih jauh berkenaan penyembuhan bubul ayam, silahkan kita dalami bersama lebih dulu berkenaan bakteri Staphylococcus aureus.

Bakteri Pemicu Bubul Ayam (Bumblefoot)

S. aureus yang disebut bakteri pemicu bumblefoot atau bubul ayam (Hermana, 2020). Bakteri ini terhitung ke barisan bakteri gr positif. Bukti yang penting sahabat kenali jika bakteri ini sebagai salah satunya bakteri pemicu infeksi paling sering di dunia. Dengan beragam tingkat keparahan dimulai dari infeksi minor pada bagian kulit, traktus urinarius atau aliran buang air, traktus respiratorius, sampai infeksi pada mata dan Central Gugup Sistem (CNS).

Staphylococcus ialah nama genus bakteri yang dari kata staphyle memiliki arti barisan buah anggur, dan coccus memiliki arti bundar dan aureus memiliki arti keemasan (Syahrurachman et al, 1993). Infeksi bakteri ini bisa disebabkan karena faktor-faktor simpatisan, seperti peralihan hormon, ada penyakit dan cedera, dan pemakaian steroid atau obat yang bisa mempengaruhi kekebalan badan.

Tanda-tanda Bubul Ayam

Tanda-tanda umum pada penyakit bumblefoot ialah berlangsungnya penebalan kulit (hyperkeratosis), cedera, dan bernanah pada bantalan kaki ayam. Jika ayam sahabat mempunyai tanda-tanda bubul ayam atau bumblefoot, karena itu selekasnya kerjakan penyembuhan dengan intens. Supaya ayam sahabat bisa melakukan aktivitas tanpa alami kesusahan gerakan.

Diambil dari PoultryDVM. Penyakit bubul ayam ada 5 grade. Lihat gambar berikut :

  1. Grade 1 : Lenyapnya pengertian epidermis (kelihatan sebagai permukaan yang berkilau, kemerahan atau lesi kecil), tanpa infeksi yang memicunya.
  2. Grade 2 : Ada infeksi jaringan di bawahnya yang melakukan kontak langsung dengan lesi permukaan tanpa bengkak yang terang.
  3. Grade 3 : Kondisi abses. Infeksi dengan cairan serosa atau kaseosa yang keluar lesi fibrotik.
  4. Grade 4 : Infeksi dengan bengkak jaringan di bawahnya yang mengikutsertakan susunan penting yang dalam. Umumnya terapat cedera akut pada grade ini, yang kemungkinan atau tidak secara bertepatan mengakibatkan tenosinovitis, radang persendian, dan/atau osteomielitis.
  5. Grade 5 : Deformitas yang melumpuhkan dan lenyapnya peranan.

Tips Cara Mengobati Bubul Ayam Dengan Bawang Putih

Langkah menyembuhkan bubul ayam dengan bawang putih ialah opsi yang murah dan gampang. Therapy penyembuhan bubul ayam dengan bawang putih terutamanya berkenaan kekuatan antibakterial yang terdapat di dalam bawang putih pada perkembangan Staphylococcus aureus sudah ditelaah oleh Pajan (2016).

Dan dari penelitan itu, diambil kesimpulan jika air perasan bawang putih bisa mempunyai potensi mematikan bakteri pemicu bubul ayam ini. Selainnya harga yang lebih gampang dan murah didapatkan, bawang putih menjadi satu diantara jalan keluar kekebalan antibiotik.

Bawang putih mempunyai beragam dampak farmakologis seperti antibakteri, antijamur, hipolidemik, hipoglikemik, antitrombotik, anti-oksidan, dan antikanker hingga banyak memiliki faedah seperti turunkan tekanan darah, hilangkan pening di kepala, menurunkan ngilu haid dan menurunkan flu.

Nah, itu tadi Tips mudah cara mengobati bubul ayam dengan bawang putih. Semoga bermanfaat. (Alobisnis.com)