Cara Daftar BLT UMKM Secara Online Dengan Login eform.bri.co.id
Sumber gambar: eform.bri.co.id

Cara Daftar BLT UMKM Secara Online Dengan Login eform.bri.co.id

Langkah dan Cara Daftar BLT UMKM Secara Online Dengan Login eform.bri.co.id – serial artikel tentang bantuan pemerintah dari alobisnis.com. Bantuan pemerintah (BLT) untuk usaha mikro, kecil, dan menengah lewat online begitu diminati oleh masyarakat. Mereka yang sudah terdaftar bisa melakukan login di eform.bri.co.id.

Sebenarnya ada 6 jenis bantuan pemerintah, jadi Anda harus teliti dan pahami dengan baik. Masa sih gak dapat salah satunya. Makanya baca link ini: 6 Bansos dan BLT Ini Diperpanjang Sampai 2021, Buruan Daftar!

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari Kementerian Koperasi dan UKM, pada hari Selasa (20/10/2020) bahwasanya Program Bantuan Presiden Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) merupakan suatu bentuk strategi dari pemerintahan Indonesia untuk memberikan bantuan kepada para pelaku UMKM supaya tetap bertahan dari dampak buruk ekonomi akibat pandemi virus corona.

Bilamana Anda termasu para pelaku UMKM maka Anda bisa menjadi salah satu penerimanya. Selanjutnya pastikan lagi apa saja-syarat-syarat seseorang mendapatkan jenis bantuan ini. Berikut rincian persyaratannya:

Syarat menerima BPUM:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Merupakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (ada usaha UMKM)
  4. Bukan merupakan pegawai negeri sipil (ASN), anggotan Tentara Nasional Indonesia (TNI) atau POLRi, serta Pegawai BUMN/BUMD
  5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan (termasuk kredit usaha rakyat/ KUR)
  6. Bila alamat usaha UMKM Anda berbeda dengan alamat yang tertera di KTP maka diwajibkan untuk membuat Surat Keterangan Usaha (SKU).

Nah, bilamana Anda memenuhi kriteria di atas, maka silahkan untuk mengikuti proses pendaftaran melalui salah satu dari pihak pengusul. Siapa saja pihak pengusulnya? Berikut ini rinciannya:

Para pengusul BPUM:

  1. Dinas yang membawahi bidang Koperasi dan UKM sesuai dengan wilayah setempat
  2. Koperasi yang telah mendapatkan pengesahan sebagai Badan Hukum
  3. Kementerian/Lembaga Koperasi dan UKM
  4. Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang namanya sudah terdaftar di OJK

Syarat mendaftarkan diri ke pihak pengusul BPUM:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Nama lengkap
  3. Alamat tempat tinggal sesuai dengan yang tertera di eKTP
  4. Bidang usaha yang dilakoni
  5. Nomor telepon aktif yang bisa dihubungi

Cara Daftar BLT UMKM Secara Online Dengan Login eform.bri.co.id

Setelah melakukan proses pendaftara maka langkah selanjutnya adalah mengecek secara online apakah termasuk menjadi penerima atau tidak di aplikasi e-form BRI. Berikut ini cara mengecek online di e-form BRI:

  1. Klik https://eform.bri.co.id/bpum atau dari halaman muka eform.bri.co.id, pilihlah menu BPUM yang berada pada bagian paling bawah
  2. Isikan nomor eKTP, yang sebelumnya dipakai untuk pendaftaran kepada pihak pengusul.
  3. Isikan kode verifikasi dengan benar.
  4. Pilihlah proses inquiry.
  5. Bila berhasil maka akan muncul notifikasi bahwa nomor e-KTP Anda terdaftar sebagai penerima BPUM. Namun, bila Anda belum menjadi penerima maka akan tampil notif bahwa nomor KTP Anda tidak terdaftar sebagai penerima BPUM

Bagi pelaku UKM yang lulus maka lajut ke tahapan berikutnya yaitu proses verifikasi dan pencairan. Sementara itu, bagi yang belum lulus maka silahkan menghubungi pihak pengusul kembali dan berdiskusi masalah ini atau kalau perlu silahkan mendaftarkan diri kembali pada perido selanjutnya.

Bantuan yang akan diberikan pemerintah ini adalah sebesar 2,4 juta rupiah. Ayo segera manfaatkan kesempatan daftar UMKM online ini untuk membantu bisnis dan usaha dari dampak buruk ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Sumber: detik.com

Baca juga: Waktu Pendaftaran BLT UMKM Diperpanjang, Simak Cara Memperolehnya!

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci:

daftar umkm online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *