Cara Membuat Topi Petani dari Karton
Tutorial Cara Membuat Topi Petani dari Karton

Cara Membuat Topi Petani dari Karton

Alobisnis.com – Berikut ini tutorial tentang bagaimana cara membuat topi petani dari karton. Dengan selembar kertas koran dan sedikit khayalan, Anda dapat tampil berbeda! Mungkin saja tidak begitu berlainan, tetapi membuat topi kertas dapat membuat keceriaan dan jadi aktivitas prakarya yang baik untuk anak-anak. Coba tiga langkah untuk membikin topi kertas yang unik, yang bisa mendatangkan keceriaan.

Langkah Cara Membuat Topi Petani dari Karton

  1. Rentangkan selembar kertas koran di atas meja. Anda dapat memakai kertas tipe lain , asal besarnya sama dengan 1 helai koran supaya bisa membuat topi yang memiliki ukuran cocok untuk kepala. Kertas koran lebih gampang dilipat dibanding kertas karton atau kertas document.
  2. Lipat kertas koran ikuti garis lipatan vertikal yang ada. Kertas koran umumnya punyai dua lipatan, yakni lipatan vertikal yang membagikan koran jadi dua halaman, dan lipatan horisontal tempat koran dapat dilipat jadi dua. Lipat lekukan vertikal koran dan tempatkan di atas meja. Kertas koran Anda sekarang ini ada dalam status horisontal.
  3. Lipat salah satunya pojok kertas sisi atas secara diagonal ke tengah. Lipatan yang lebih pendek ada pada status vertikal. Sekarang, ada lekukan diagonal di sejauh tepian koran yang sudah Anda lipat.
  4. Lipat pojok sisi atas koran lainnya, hingga lipatan yang lebih pendek sejajar dengan lipatan vertikal awalnya. Lekukan diagonalnya harus sama dengan lekukan diagonal segi koran yang satunya.
  5. Lipat tepian bawah kertas ke atas. Sisi yang perlu dilipat cuma susunan atasnya saja. Lipat ke atas sejauh 5 sampai 7,5 cm.
  6. Lipat tepian bawah kertas ke atas. Sisi yang perlu dilipat cuma susunan atasnya saja. Lipat ke atas sejauh 5 sampai 7,5 cm.
  7. Lipat ujung luar kertas. Mulai dari sisi kiri. Lipat sejauh 5 sampai 7,5 cm ke tengah. Selanjutnya, lipat ujung luar sisi kanan kertas dengan panjang lipatan yang serupa dengan lipatan tepian awalnya. [2] Samakan lipatan sama ukuran kepala. Jarak di antara ujung-ujung luar kertas dapat disamakan, supaya cocok dengan kepala Anda.
  8. Rekatkan topi dengan perekat atau lipatan. Anda dapat memakai perekat untuk menyambung lipatan ujung-ujung luar kertas, atau melipat tepian bawah belakang kertas, hingga ujung-ujung luar kertas terkunci oleh lipatan itu.
  9. Membuka topinya. Membuka topi itu dari dalam dengan tangan, lalu gunakan di kepala Anda.
  10. Anda dapat menghiasi topi Anda. Berikan warna, bubuk kilap (glitter), atau dekor tambahan lain untuk mempercantik topi Anda.

Langkah Membuat Topi Petani Penangkal Cahaya Matahari dari Piring Kertas

  1. Tempatkan piring kertas di atas meja. Piring kertas berdiameter 23 cm ialah opsi yang bagus untuk membikin topi ini. Anda dapat memakai piring kertas yang polos atau yang mempunyai corak, Anda masih tetap dapat menghiasi ke-2 nya kelak.
  2. Bikinlah potongan kecil dan lempeng di tepian piring. Dari potongan itu, gunting sisi tengah topi dengan wujud oval. Bikinlah wujud oval yang sedikit kecil dibanding yang diprediksi supaya cocok di kepala. Wujud oval itu bisa juga diperbesar, tetapi Anda harus mengawali dari sejak awalnya kembali, bila wujud ovalnya itu terlampau besar.
  3. Gunting sisi tepi permukaan piring pada bagian belakang. Dengan langkah ini topi Anda akan mempunyai wujud seperti topi penangkal matahari. Tapi bila Anda ingin mempunyai topi yang bulat, Anda dapat meremehkan cara ini.
  4. Rekatkan kembali sisa potongan yang Anda bikin. Pakai lem untuk menyatukan kembali sisa potongan Anda. Rekatkan sekitar yang Anda harapkan sesuai ukuran kepala Anda. Tahan sisi yang direkatkan dan diamkan lemnya jadi kering.
  5. Cat sisi atas dan bawah topi. Anda dapat memakai satu warna untuk mengecatnya, satu warna pada bagian bawah dan satu warna kembali pada bagian atas. Anda bisa juga membuat pola garis-garis pada topi. Bentuknya sesuai kemauan Anda! Diamkan catnya jadi kering saat sebelum menambah beberapa hal yang lain.
  6. Tambah hiasan yang lain. Tambah bubuk kilap, rumbai-rumbai, atau bikinlah bunga dari gabus sintetis (styrofoam), lalu rekatkan pada topi. Opsi dekor ini banyak.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

pendidikan terakhir saat pengisian biodata s 1

Tinggalkan Balasan