Cara Pasang NFC Di HP Non NFC Untuk Pembayaran Virtual
Cara Pasang NFC Di HP Non NFC Untuk Pembayaran Virtual

3 Cara Pasang NFC Di HP Non NFC Untuk Pembayaran Virtual

Tips Cara Pasang NFC Di HP Non NFC dari alobisnis.com – NFC atau Near Field Communication ialah feature pada HP yang berperan untuk menghubungkan dua piranti pada jarak yang dekat. Sekarang ini, cuma HP kelas tinggi yang diberi feature NFC. Karena itu, pemilik lain harus tahu langkah pasang NFC di HP non NFC.

Yang akan datang, NFC semakin dibutuhkan dalam rencana memberikan dukungan program pembayaran digital non contact. Jika piranti mobile belum diberi dengan feature NFC, artikel di bawah akan menerangkan cara yang perlu dilaksanakan oleh pemilik.

Baca Juga : Cara Mendapatkan HP Vivo V15 Gratis

Memasang NFC di HP Non NFC

Memakai NFC di HP non NFC terang tidak mungkin. Tetapi, pemakai bisa menambah NFC pada HP yang tidak mempunyai feature ini awalnya. Tambahan ini dapat dilaksanakan pada beberapa merk dan type handphone tertentu.

Ada dua tipe tambahan NFC pada handphone, yakni dengan menambahkan piranti lunak atau memasangkan piranti keras. Tetapi, saat sebelum lakukan langkah pasang NFC di HP Non NFC, cari info apa handphone yang dipunyai sanggup memberikan dukungan feature NFC.

Bila handphone itu rupanya tidak memberikan dukungan NFC, tidak berarti tidak dapat mendapatkan tambahan feature ini. Ada langkah yang dapat dilaksanakan supaya bisa memasangkan NFC pada handphone non NFC, yakni memakai hardware tambahan.

Simak Juga : Cara Membuat Kamera HP Android Jadi Tembus Pandang

3 Cara Pasang NFC di HP Non NFC

Perlu keadaan tertentu agar bisa memasangkan NFC di HP yang Non NFC, yakni dengan kontribusi piranti keras yang dipertambah. Ada 3 langkah yang dapat dilaksanakan, yaitu memakai adaptor NFC external, Mikro SD, dan NFC Stiker.

Adaptor NFC Eksternal

Langkah yang tersering dilaksanakan untuk menambah feature NFC pada handphone ialah memakai adaptor NFC external. Argumennya karena pemakai tak perlu memodifikasi dan membedah sisi dalam handphone untuk memasangkannya.

Pemilik handphone dapat melepaskan adaptor secara mudah bila tidak sedang memakai NFC dan memasangkannya kembali saat diperlukan. Berikut beberapa langkah memakai adaptor NFC external:

Siapkan ponsel dan adaptor NFC eksternal.

Hubungkan handphone dengan adaptor sama sesuai perintah yang sudah disiapkan.
Tunggu sesaat sampai ke-2 piranti sama-sama tersambung. Apabila sudah tersambung, karena itu handphone dapat digunakan untuk mengirimi data lewat NFC.

Bila transaksi bisnis usai, maka ada pemberitahuan yang mengatakan jika peranan NFC sudah sukses dilaksanakan.
Walau gampang, langkah memasangkan NFC memakai adaptor NFC external mempunyai kekurangan, yakni harga adaptor yang lumayan mahal.

Cara Pasang NFC di HP Non NFC, Menggunakan Micro SD

Tipe Mikro SD yang dipakai untuk memasangkan NFC berlainan dengan secara umum. Merk Mikro SD yang digunakan untuk memasangkan NFC umumnya ialah Netcom, Optelio Gaunglto, Piranti Fidelity, Tyfone, dan Credense. Berikut langkah memakainya:

Persiapkan Mikro SD yang diperlukan, pemilik handphone dapat pilih salah satunya merk yang sudah disebut awalnya.

Berikan Mikro SD ke handphone. Jika pada handphone ada Mikro SD umum mengambil dan ubahlah dengan Mikro SD untuk NFC. Jika handphone sejenis dual SIM, karena itu kenakan Mikro SD NFC ke slots kartu SIM ke-2
Sesudah Mikro SD dipasang, hidupkan handphone. Karena itu feature NFC telah aktif dan bisa tersambung pada handphone mana saja.

Pemakai bisa manfaatkan Mikro SD untuk lakukan transaksi bisnis pembayaran. Sayang. Di Indonesia, kehadiran Mikro SD NFC masih termasuk sangat jarang.

Stiker NFC

Stiker NFC telah direncanakan sebegitu rupa agar beraktivitas NFC. Misalnya, stiker NFC Samsung yang di-claim bisa menolong aktivitas pemakainya seperti, menyampaikan pesan, terhubung website, buka program dan pekerjaan yang lain.

Di Indonesia, perusahaan yang keluarkan stiker NFC ialah Telkomsel, yang dinamakan T-Cash. Stiker ini cuma berlaku untuk transaksi bisnis yang sudah dilakukan lewat program pembayaran Telkomsel dan beberapa toko yang bekerja bersama dengan Telkomsel.

Walau di Indonesia pemakaian NFC masih jarang-jarang, tetapi pemilik handphone harus pelajari langkah pasang NFC di HP Non NFC. Ada perkiraan bila feature ini akan diperlukan di masa datang sebagai alat pembayaran virtual atau memeriksa saldo uang electronic. (SPN)

Baca Juga : Cara Mengembalikan Data HP Yang Sudah Di Reset Pabrik Oppo

Tinggalkan Balasan